Memilih Material Daun Pintu Terbaik

Pintu adalah salah satu bagian penting dari rumah. Memilih material daun pintu yang tepat menjadi penting. Tujuannya tentu supaya lebih awet dan tidak cepat ganti karena rusak. Bukan sekadar menjadi penghubung antarruang. Pintu juga berfungsi sebagai dekorasi rumah dan menjaga privacy penghuni rumah.

Sekarang ada berbagai material daun pintu yang ada di pasaran. Salah satu material daun pintu yang paling populer adalah pintu kayu. Ada juga material daun pintu lain yang bisa digunakan untuk pintu rumah. Baik pintu depan atau pintu antarruang. Anda bisa memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis Material Daun Pintu Apa yang Paling Disukai?

Sebelum memilih material daun pintu, perlu juga mengetahui kekurangan dan kelebihannya. Bukan sekadar harga murah, akan tetapi juga fungsinya yang tepat.

1. Pintu Kayu

Pintu kayu adalah jenis pintu yang paling favorit dan banyak digunakan. Material daun pintu kayu juga mudah didapatkan. Finishing yang sempurna membuat pintu kayu memberi kesan estetis. Pintu kayu bukan sekadar sebagai penghubung ruangan, akan tetapi juga bisa menjadi dekorasi rumah.

Ada dua jenis material daun pintu kayu yang dikenal. Yaitu pintu kayu solid yang berasal dari kayu asli kemudian dipotong dan dibentuk menjadi pintu sesuai dengan pesanan. Kedua, kayu olahan, yaitu pintu yang berbahan kayu solid namun melalui proses percampuran serbuk kayu dan belahan-belahan kayu. Hasilnya dikenal dengan triplek. blockboard, dan teakwood.

Pintu kayu memang dikenal kuat dan tahan lama. Akan tetapi ada risiko lapuk dan terkena serangan rayap dalam jangka waktu tertentu. Kayu solid sering kali sulit didapatkan dengan kualitas baik karena terkendala usia kayu yang masih muda.

2. Pintu Baja

Kelebihan pintu baja adalah tahan cuaca, antirayap, dan tahan panas. Material daun pintu baja terdiri dari campuran besi dan karbon. Itulah yang menjadikan pintu baja kuat dan kokoh. Kelebihan pintu baja yang tidak dimiliki jenis pintu lain adalah adanya peredam suara, berupa karton press. Selain itu fungsinya juga untuk penahan agar tidak mudah penyok.

Hunian Anda akan terlihat berbeda jika menggunakan pintu baja. Ada beberapa pilihan model antara lain single door atau double door. Keduanya tersedia pilihan motif ataukah polos.

jual pintu kayu pintu upvc pintu baja untuk proyek

3. Fiberglass

Material daun pintu fiberglass dikenal tahan lama dan antigores. Kelebihan lainnya adalah tersedia berbagai warna mudah dicat ulang apabila diperlukan. Sangat menyenangkan, pasalnya Anda bisa menyesuaikan warna pintu dengan dekorasi rumah.

Anda juga dapat memadukan fiberglass dengan kelongsong kayu. Kelongsong kayu adalah lapisan tambahan kayu atau kayu yang digunakan untuk memerangkap panas, dan juga kedap suara. Daun pintu yang menggunakan kelongsong kayu akan terlihat lebih estetis dan sangat ideal.

Pemeliharaannya pun tidak sulit. Fiberglass mengandung resin yang mampu menahan udara dingin. Fiberglass tidak akan mengembang ketika cuaca buruk.

4. Pintu Kaca

Jenis pintu ini cocok digunakan untuk pintu samping teras atau teras balkon. Pintu kaca tergolong hemat energi dan ramah lingkungan. Kendati dari sisi keamanan kurang maksimal, pintu kaca mampu mengurangi kebisingan.

Anda bisa juga memadukan pintu kaca dengan kombinasi kayu atau fiber. Untuk menjaga privacy, bisa menggunakan kaca sandblast yang buram. Privacy penghuni rumah terjaga, sinar matahari tetap bisa masuk, dan rumah tetap memiliki nilai estetis.

5. Pintu Aluminium

Salah satu jenis pintu yang populer digunakan adalah pintu aluminium. Harganya relatif terjangkau dan tahan lama seperti fiberglass. Kelebihan lainnya adalah aman terhadap serangga dan dapat dipadukan dengan kaca. Sebagian hunian modern memilih aluminium ketimbang kayu yang ada masa kedaluarsanya.

Material daun pintu aluminium cocok jika dipadukan dengan tema apapun di rumah. Aluminium adalah bahan tahan cuaca yang dapat bertahan dalam kondisi apa pun.

6. Pintu PVC

Material daun pintu PVC disukai karena harganya murah dan terjangkau. Biasa digunakan untuk pintu kamar mandi karena memang sifatnya yang tidak tahan cuaca. Sehingga tidak cocok jika digunakan di luar. Jenis pintu PVC kurang cocok jika digunakan untuk pintu luar. Tidak hanya itu, juga kurang elegan jika digunakan untuk pintu depan atau pintu antaruangan.

7. Pintu Panel

Jenis pintu berikutnya yang umum digunakan adalah pintu panel. Gabungan frame kayu dan panel yang terbuat dari Medium Density Fiber (MDF). Terdapat beragam model dan ukuran yang bisa jadi pilihan. Soal harga tak perlu diragukan lagi karena terjangkau dan ramah di kantong. Anda bisa berkonsultasi dengan pihak kontraktor atau ahli sebelum memilih jenis material daun pintu yang tepat.

Bagaimana Memilih Material Daun Pintu yang Cocok?

Memilih material daun pintu tidak bisa asal-asalan. Anda boleh saja mempertimbangkan soal harga. Akan tetapi, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan. Tentunya itu berdampak signifikan [ada tampilan dan nuansa rumah Anda. Nah apa saja yang bisa jadi pertimbangan?

· Pilih Material yang Paling Cocok untuk Lingkungan

Perhatikan kondisi cuaca di sekitar rumah. Pintu yang baik adalah yang dapat menjaga rumah tetap aman sepanjang hari. Pintu yang cocok untuk eksterior adalah aluminium, PVC, dan kayu. Bahan tersebut banyak digunakan untuk jenis pintu kontemporer.

Pintu kayu memiliki tampilan mewah, tetapi perlu finishing yang tepat atau pengecatan ulang secara berkala untuk mempertahankan penampilannya. Sedangkan pintu aluminium dan PVC dapat disesuaikan dan hemat biaya, bisa juga didesain mirip kayu. Pintu PVC tergolong aman dan tahan cuaca.

· Aman dan Efisien

Anda harus memperhatikan mekanisme penguncian dari keamanan pintu rumah. Kunci pintu minimal memiliki panjang satu inchi dan dilengkapi dengan pelat logam. Apabila pintu terdapat kombinasi kaca atau full kaca sebaiknya pilih yang tahan peluru dan tahan pecah.

· Akses yang Mudah

Ketika akan memasang pintu perhatikan juga kemudahan akses. Pertimbangkan pintu yang mudah untuk memindahkan furniture dan barang lainnya. Pastikan pintu yang Anda pilih cukup lebar untuk memungkinkan barang berukuran besar mudah keluar-masuk. Termasuk akses masuk kursi roda jika ada anggota keluarga atau tamu yang memakai kursi roda.

· Sesuaikan dengan Tema Rumah

Anda bisa juga menyesuaikan material daun pintu dengan desain rumah, termasuk ketika memilih warna pintu rumah.

Demikian ulasan singkat terkait material daun pintu yang kerap digunakan. Silakan pilih yang sesuai dengan keinginan. BangunanPro juga menjual pintu kayu untuk proyek perumahan, hotel, dan perkantoran.