Jual Pintu Baja Untuk Proyek Perumahan, Apartemen, Hotel

Mencari tempat jual pintu baja tidaklah sulit. Sama halnya dengan jual pintu kayu, aluminium, atau fiber, kita bisa menemukannya di toko-toko material bangunan dalam bentuk siap pasang. Bahkan, lewat marketplace online pun kita dapat menemukannya. Namun jika menginginkan pintu baja dengan desain atau ukuran tertentu, kita memang harus pesan terlebih dahulu ke pengrajin/pembuat pintu besi.

Dahulu, umumnya pengaplikasian pintu besi lebih banyak pada gedung atau gudang-gudang besar dengan tampilan yang tidak seberapa menarik. Tapi beberapa tahun terakhir penggunaan pintu baja justru mulai mengarah ke hunian/tempat tinggal. Terutama rumah-rumah yang berada di kota-kota besar atau kawasan elit.

Sejumlah alasan menjadi faktor pendorong konsumen beralih dari pintu kayu ke baja. Apa sajakah itu? Berikut ini alasan yang paling sering kita dengar.

Ketahanannya Tingkat Tinggi

Baja merupakan salah satu material paling kuat yang pernah ada. Ketahanannya jauh di bawah pintu-pintu yang terbuat dari kayu, fiber, atau aluminium. Benturan benda keras sekalipun sulit membuat pintu besi penyok, retak, atau jebol. Dengan ketahanannya yang luar biasa tersebut, secara tidak langsung pintu baja membantu melindungi kita dari bahaya kriminal semisal maling atau rampok yang masuk lewat cara membobol pintu.

Awet dalam Jangka Waktu Panjang

Datanglah ke tempat jual pintu baja lalu tanyakan pintu dengan material apa yang bisa bertahan dalam waktu puluhan tahun lamanya? Penjual akan dengan mudah mengatakan pintu baja sebagai jawabannya. Sebab, sejauh ini belum ada pintu yang awetnya bisa melampaui pintu baja.

Pintu baja sama sekali tidak mengalami penyusutan, baik karena perubahan suhu yang sangat ekstrem sekalipun. Jadi, risiko lapuk nyaris tidak pernah terjadi dalam sejarah penggunaan pintu baja.

Tidak Mengalami Pemuaian

Baja tidak memiliki kemampuan menyerap air yang baik. Hal itu menjadikan ukuran dan bobotnya tidak berubah saat terendam air. Berbeda dengan pintu kayu yang mudah mengalami pemuaian bila terendam air. Sifat kayu yang cepat menyerap air akan membuat ukuran pintu jadi membesar dan bobotnya bertambah berat. Sekaligus membuat serat kayu menjadi lunak dan cepat lapuk.

Tahan Api

Selain tahan air, pintu baja juga tak gentar dengan api. Sehingga apabila terjadi sesuatu musibah kebakaran, pintu ini masih bisa diselamatkan setelahnya untuk kita pasang lagi di bangunan baru.

Anti Rayap

Mudahnya jual pintu baja pada konsumen juga tak terlepas dari alasan anti rayap. Rayap sangat suka menjangkiti tempat-tempat lembab terutama kayu. Serangga perusak ini mampu menggerogoti pintu dan kusen hingga tampilannya jadi rusak parah.

Khusus untuk pintu yang terbuat dari baja rayap tidak menyukainya. Bahkan nyaris tidak ada kemungkinan bisa menggerogoti karena badan pintu dan kusennya sama-sama terbuat dari baja yang keras.

Semakin Sempurna dengan Fitur-fitur Modern

Engsel pintu baja seringkali menimbulkan bunyi ketika kita membuka tutup pintu. Selain itu, baja pada dasarnya tidak bisa meredam bunyi. Bahkan bila terkena benturan akan menimbulkan bunyi yang cukup keras.

Namun semua itu hanya terjadi pada pintu baja versi lawas. Zaman sekarang teknologi mutakhir telah menyempurnakannya. Pintu baja masa kini telah berlapis karton khusus yang ditekan pada bagian dalam badan pintu. Lapisan tersebut membuat pintu jadi kedap suara. Begitu pun dengan engsel pintu yang dilengkapi dengan karet khusus agar tidak menimbulkan bunyi saat daun pintu digerakkan.

Banyak Pilihan Model

Ketersediaan aneka model pintu baja membuat konsumen semakin tertarik mengaplikasinnya di rumah, kantor, atau studio. Tampilan pintu baja tak lagi monoton seperti yang kerap kita lihat pada pintu gudang-gudang industri. Kini produsen pintu baja telah menyediakan bermacam pilihan tipe pintu besi seperti double door (motif dan polos), garage door, single door, sliding door, emergency door, dan lain-lain. Lebih menarik lagi, pintu baja telah berlapis fiber motif urat-urat kayu hingga menjadikan tampilannya lebih natural dan manis.

Harga Masuk Akal

Harga pintu dengan ketahanan tingkat tinggi dan awet puluhan tahun ini ternyata tidak semahal yang kita bayangkan. Standar harga jual pintu besi pada umumnya berkisar 2-5 juta per unit. Dengan kualitas terbaik yang tidak bisa kita dapatkan pada pintu-pintu material lainnya, rasanya harga segitu masih sangat masuk akal.

jual pintu pvc pintu upvc pintu kayu pintu baja

Kelemahan Pintu Baja Tak Mempengaruhi Nilai Jual Pintu Baja

Terlepas dari segala keunggulan pintu baja yang melatarbelakangi banyak orang dalam menjatuhkan pilihan, pintu baja tetap tak luput dari kekurangan. Tetapi, kelemahan tersebut hampir tidak berdampak apa-apa pada nilai jual pintu baja itu sendiri.

Guna menggenapi pengetahuan kita tentang tentang pintu baja, tak ada salahnya kita ketahui juga apa saja kelemahannya:

Rentan Karatan

Problem paling khas dari pintu baja ialah karat. Karat memang tidak muncul dalam waktu singkat. Biasanya setelah pemakaian sekian tahun dan tanpa perawatan berkala. Karat ini bisa muncul karena kotoran yang menetap lama pada bagian pintu yang jarang dibersihkan. Permasalahan karat ini bisa jadi serius, bisa pula tidak. Jika karat belum meluas dan tebal, kita masih bisa menghilangkannya dengan cairan khusus anti karat. Tapi jika sudah parah, memang butuh effort lebih untuk mengembalikannya seperti semula.

Bobotnya Berat

Kita pastinya sudah tahu donk bobot baja lebih berat daripada kayu. Ini membuat pintu baja tidak selamanya cocok untuk semua tipe rumah. Umumnya rumah-rumah berukuran besar yang menggunakannya agar sebanding dengan bangunannya.

Butuh Tukang Khusus untuk Memasangnya

Pemasangan pintu baja tidak sesederhana pintu biasa. Harus melibatkan tukang dan alat-alat khusus. Tukang yang biasa memasang pintu kayu belum tentu bisa pasang pintu baja. Jadi semisal kita beli pintu secara online, kita harus cari tukang khusus yang bidang kerja memang bongkar pasang pintu besi.

Membutuhkan Cat Khusus

Pintu baja membutuhkan cat khusus untuk melapisi permukaannya. Selain alasan estetika, cat khusus ini juga bagian dari upaya perawatan untuk menekan risiko terjadinya karat pada badan pintu maupun engsel.

Seperti itulah gambaran dari pintu baja yang semakin mantap dari sei segi kualitas maupun tampilan. Jika Anda tertarik memasangnya di rumah, segera tuju tempat jual pintu baja di kota Anda. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk seluruh pembaca.