Jual Pintu Kayu untuk Proyek Perumahan, Hotel, Apartemen

Kamar adalah satu ruangan penting bagi pemilik rumah. Tak heran jika banyak orang yang tak mau sembarangan mendesain kamarnya, bahkan mulai dari model pintu sekalipun. Jangan salah, model pintu turut mempengaruhi visual kamar juga. Untungnya, zaman sekarang tak seberapa sulit mencari aneka model pintu kamar dari kayu. Tinggal datang ke toko yang jual pintu kayu, kita sudah bisa melihat-lihat model pintu kamar seperti apa yang paling pas dengan selera.

Model Pintu Kayu

Khusus untuk model yang tidak tersedia di toko jual pintu kayu, kita bisa mendatangi pengrajin kayu. Sampaikan ide tentang model pintu yang kita inginkan, maka pengrajin kayu siap untuk mewujudkannya. Tapi kalau ide Anda masih tersendat, siapa tahu contoh-contoh model pintu kamar dari kayu berikut ini bisa menginspirasi Anda. Let’s check:

Pintu Kayu Polos

Dari sekian banyak model pintu kamar yang tersedia di sentral jual pintu kayu, ternyata model polos yang ramai peminatnya. Pintu kayu polos tidak memiliki detail sama sekali. Pusat keindahannya justru terletak pada gurat-gurat kayunya sengaja diekspos maksimal.

Sekilas tampilannya memang amat sederhana, namun dengan cara-cara tertentu dalam pengaplikasiannya sebagai pintu kamar kita dapat membuatnya tampak berkelas. Pintu kayu berdesain polos ini cocok untuk semua konsep ruangan. Tinggal kita memilih warna serta model handle yang tepat supaya lebih menarik.

Bagusnya lagi, pintu model polos paling mudah dibersihkan daripada model-model lainnya. Sebab tidak ada lekukan pada permukaannya yang menyebabkan debu-debu berkumpul di dalamnya.

Pintu Kayu Motif Vertikal

Pintu kayu motif vertikal kerap menghiasi rumah-rumah bergaya minimalis. Meski demikian sebenarnya model yang bisa kita temukan di toko jual pintu kayu ini tetap “nyambung” untuk semua konsep ruangan.

Motif vertikal pada pintu sifatnya unisex. Dalam artian cocok untuk kamar cewek maupun cowok. Desain yang mampu memberi kesan eksklusif dan comfort pada kamar sejak dari luar. Apalagi bila Anda memolesnya dengan warna-warna netral nan teduh, orang yang melihat akan tahu Anda punya selera desain yang bagus.

Pintu Kayu Motif Horizontal

Pintu kamar motif horizontal tak kalah apik dari motif vertikal. Model ini bisa jadi pertimbangan buat Anda yang ingin menunjukkan konsep minimalis. Garis-garis mendatar selalu saja menyiratkan kesan santai, friendly, dan ceria. Paling pas untuk kamar anak muda atau bahkan kamar kost-kostan.

Pintu Kayu Motif Empat Kotak Sama Rata

Bila Anda menginginkan konsep kamar ala Eropa klasik, maka pilihlah pintu dengan model empat kotak ini. Model seperti ini memang tidak ada matinya di pusat-pusat penjualan pintu kayu. Hal itu menandakan bahwa peminatnya banyak.

Di samping itu pintu kayu motif empat kotak memberi kemudahan bagi kita saat membersihkannya. Walau memiliki detail tertentu, namun rentang antara kotak yang satu dengan kotak yang lainnya cukup berjauhan. Sehingga tidak banyak celah sempit yang dapat membuat debu debu berkumpul di dalamnya.

Pintu Kayu Motif Empat Kotak Tak Beraturan

Model pintu kamar ini sebenarnya bentuk “liar” daripada model empat kotak sama rata. Detail kotak-kotak yang sengaja tidak dibuat seragam memunculkan sisi dinamis yang sangat kuat. Karena detailnya lumayan ramai, maka bidang permukaan pintunya juga harus luas. Karena itu, model yang satu ini lebih cocok untuk pintu kamar berukuran lebar dan tinggi. Bisa dalam bentuk single door maupun sliding door.

Pintu Kayu Model Papan Bertumpuk

Model pintu kamar yang satu ini sangat unik. Saking uniknya bahkan tidak banyak orang yang menggunakannya untuk kamar. Namun itulah yang justru membuatnya tidak terkesan pasaran.

Pintu kayu model papan bertumpuk tampaknya terinspirasi dari pintu gudang-gudang jerami di luar negeri. Tampilannya seolah rumit dan berat, tapi di situ pula nilai seni yang tidak bisa kita temukan pada model-model pintu kamar lainnya. Pintu semacam ini biasanya disukai oleh orang-orang mengedepankan konsep klasik natural. Bukan cuma bagus untuk pintu kamar, tapi cocok pula untuk pintu-pintu villa. Lebih pas lagi jika diterapkan dalam bentuk pintu geser.

Pintu Kayu Kelebihan, Kelemahan dan Ragam Jenis Desain

Memilih Pintu Terbaik di Tempat Jual Pintu Kayu

Selain model pintu, pertimbangan yang tak kalah penting dalam memilih pintu kamar tentu saja kualitasnya. Siapapun pasti tidak mau pintu kamarnya rusak terlalu dini. Maka untuk mendapatkan kualitas pintu kayu terbaik, kita perlu melakukan cara-cara berikut ini:

Memilih jenis kayu paling ideal untuk pintu

Pada dasarnya semua pintu yang terbuat dari kayu berasal dari kayu-kayu besar seperti kayu meranti, kruing, kamper, merbau, kayu besi, jati, sungkai dan lain-lain. Tapi dari semua kayu-kayu tersebut ada yang paling recommended untuk bahan pembuatan pintu, yakni kayu merbau. Pintu dan kusen yang terbuat dari kayu merbau telah terbukti awet bertahun-tahun. Tidak mudah retak saat proses pengetaman. Yang lebih istimewa, kayu memiliki lapisan alami khusus yang berfungsi sebagai anti rayap. Jadi, untuk rumah-rumah di daerah bersuhu rendah tidak perlu khawatir pintunya digerogoti rayap.

Cek kepadatan kayu

Cara seperti ini mungkin tidak bisa sepenuhnya Anda praktikkan pada pintu-pintu yang ada di toko. Sebab kondisinya sudah bukan lagi berupa kayu mentah. Coating pun telah menyamarkan segala cela pada kayu. Tapi setidaknya dapat menguji kepadatan kayu melalui ketukan. Cobalah mengetuk pintu tersebut. Jika suaranya yang terdengar cukup kuat berarti kayu tersebut tidak padat. Sebaliknya, pintu yang minim mengeluarkan suara ketika kita ketuk justru termasuk kayu dengan kepadatan yang bagus.

Amati warna kayu

Bagi yang memesan pintu di pengrajin kayu, cara ini memungkinkan untuk Anda praktikkan. Kayu yang paling kokoh untuk kusen dan pintu memiliki getah berwarna cokelat kemerahan. Anda dapat mengujinya dengan cara menyiramkan air pada kayu tersebut. Apabila kayunya mengeluarkan getah cokelat kemerahan, maka Anda tak perlu lagi meragukan kualitasnya.

Ketahui bahan pelapis pintu

Jangan sungkan bertanya pada penjual tentang bahan pelapis pintu. Apakah pintu tersebut telah dilapis dengan cat khusus anti rayap, anti retak, anti jamur, pengkilap, dan sebagainya atau tidak. Jika semua itu terpenuhi, maka pintu tersebut akan awet bertahun-tahun selama pemakaian wajar.

Demikian ulasan mengenai pintu kamar dari kayu. Silakan tuju toko atau pusat-pusat jual pintu kayu terlengkap di kota Anda dan segeralah menentukan pilihan.