Pintu Kayu Kelebihan, Kelemahan dan Ragam Jenis Desain

Jika Anda pecinta tema klasik dan natural, pasti memilih pintu kayu sebagai pintu hunian. Sebab kita tahu, pintu yang terbuat dari kayu memberikan kesan klasik nan alami pada rumah. Meskipun demikian, Anda juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan pintu yang terbuat dari kayu ini. Selain itu, ada tips-tips menarik untuk membuat pintu yang terbuat dari kayu menjadi awet dan tahan lama. Mari kita simak ya.

Kelemahan Pintu Kayu

Pintu jenis ini memang menjadi idaman masyarakat Indonesia. Banyak orang yang rela menggelontorkan uang yang banyak untuk mendesain pintu rumah dari kayu sebagus dan semenarik mungkin. Ini tidak salah. Namun, di balik semua keindahan itu, juga harus mengetahui beberapa kelemahan yang pada umumnya ditemukan pada pintu yang terbuat dari kayu.

  • Diameter kayu itu tidak luas. Sehingga untuk pintu yang berukuran lebar, butuh untuk disambungkan sehingga menimbulkan kesan kurang rapi.
  • Beberapa jenis kayu mudah sekali diserang serangga. Hal ini merupakan sifat dari kayu, yaitu mudah dimakan rayap. Namun begitu, beberapa jenis kayu tahan terhadap serangan rayap dengan harga yang lebih mahal tentu saja.
  • Kelemahan yang ketiga ini adalah mengenai kelembapan. Yah! Pintu yang terbuat dari kayu pada umumnya tidak tahan terhadap air. Jadi, sangat tidak cocok sekali untuk dipasang sebagai pintu kamar mandi. Hal ini tentu akan membuat pintu mudah rusak.
  • Kita semua tahu, jika kayu mudah terbakar. Oleh sebab itu, menggunakan pintu yang terbuat dari kayu, harus kita jaga benar-benar jauh dari jangkauan api. Dengan begitu, menggunakan pintu yang terbuat dari kayu ini tetap aman.
  • Tidak dipungkiri, sebagian kayu memang berkualitas jelek, sehingga untuk dijadikan pintu, kayu ini bisa dengan mudah memuai dan menyusut tergantung pada perubahan cuaca. Namun, itu kembali kepada kualitas kayunya juga. Kualitas kayu yang bagus tidak akan tergantung pada cuaca, sehingga tidak mudah memuai dan menyusut. Kualitas kayu yang bagus, tahan terhadap perubahan cuaca.
  • Untuk mendapatkan kualitas kayu yang baik, tentu harus merogoh kocek lebih dalam. Pertimbangkan harga dengan kualitas yang bagus. Tidak menjadi masalah meskipun harganya tinggi kualitas kayu bagus meskipun harganya mahal, akan menjadi nilai tambah untuk rumah.

Kelebihan Pintu Kayu

Kita sudah membahas mengenai kekurangan. Nah, sekarang mari kita bahas kelebihan pintu ini. Mengapa pintu ini menjadi banyak pilihan orang-orang meskipun harganya mahal.

  • Mudah sekali untuk mengetahui cacat pintu ini, seandainya ada bagian yang rusak.
  • Tahan terhadap benturan dan tekanan, apalagi jika kualitas kayu yang digunakan adalah kualitas bagus.
  • Jika pintu sudah tua atau bahkan rusak, namun pada sedikit bagian, kayunya masih bisa dibuat menjadi perabot rumah tangga lainnya yang terbuat dari kayu.
  • Model apapun sebuah rumah, pintu kayu akan tepat sekali sebagai pilihan yang sesuai untuk desain rumah.
  • Tampilannya natural dan klasik. Jika ingin menambah kemewahan kita bisa menambahkan ukiran yang tentu saja mempercantik tampilan pintu.

Tips untuk Pakai Pintu Kayu pada Bangunan

Nah, apabila sudah memutuskan untuk memasang pintu kayu pada rumah nantinya, berikut ini tips-tips untuk memilih bahan kayu yang tepat untuk hunian.

Tentukan jenis kayu yang ingin Anda jadikan pintu rumah Anda. Ada empat jenis kayu yang direkomendasikan untuk Anda, agar tahan terhadap serangan rayap, awet, dan tahan lama, yaitu kayu jati,kayu meranti, kayu merbau, dan kayu kamper.

Lalu, perhatikan kualitas kayu. Kualitas kayu yang bagus adalah yang sudah kering. Jika kayunya kering, kayu tidak akan mudah melengkung sehingga meskipun cuaca berubah-ubah, kayu tidak akan mudah memuai dan menyusut.

Yang berikutnya adalah ketebalan pintu. Perhatikan juga ketebalan pintu kayu yang Anda pilih. Pintu kayu yang bagus tebalnya kurang lebih 4 cm. Hal ini akan membuat pintu kuat dan tahan lama.

Tidak ketinggalan dengan desain yang menarik. Pintu kayu dapat diukir semenarik mungkin sesuai dengan selera Anda. Model yang sedang trend saat ini adalah pintu kayu dengan model minimalis. Cobalah dan rasakan bagaimana pintu kayu membuat Anda masuk ke suasana alami yang akan sulit untuk dilupakan.

jual buat custom pintu kayu rumah kantor jakarta tangerang hotel

Ragam Jenis Pintu Kayu

Untuk beragam jenis model dan desain pintu kayu juga ada beberapa. Dari pintu klasik misalnya. Bentuk pintu ini adalah yang paling diminati di Indonesia. Terdiri dari panel persegi dengan kombinasi kaca membuatnya indah dipandang mata.

Pintu Ukir

Lalu ada pintu ukir. Pintu ukir akan memberikan kesan etnik pada hunian Anda. Proses pembuatannya memang mahal, tapi ini sebanding dengan keindahan yang dipancarkannya.

Pintu Cat Putih

Jika pintu bercat putih. Nah Anda tidak ingin ruangan Anda terkesan sempit, maka catlah pintu kayu Anda dengan menggunakan cat warna putih. Dengan demikian, rumah akan terkesan sejuk, nyaman, dan lapang tentunya.

Pintu Kaca

Lalu jika pintu dengan kaca. Pintu kayu yang dikombinasikan dengan kaca akan memberikan kesan perpaduan klasik dan modern yang apik. Anda dapat menggunakan kaca yang bening atau kaca es. Itu semua tergantung selera kita sebagai penghuni rumah.

Pintu Flush

Ada juga jika pintu kayu dengan model flush atau yang biasa disebut pintu plywood. Pintu flush adalah pintu dengan permukaan yang polos di kedua sisinya. Pintu ini dibuat dengan menempelkan dua lapisan kayu pada setiap sisinya. Mungkin Anda akan mendengar suara kosong pada bagian tengah pintu saat pintu diketuk. Namun hal itu tidak menjadi masalah. Justru hal itu membuat pintu kayu terasa lebih ringan. Pintu flush sangat cocok bagi hunian minimalis.

Pintu Geser

Terakhir, jika dengan pintu geser. Pintu geser dari kayu merupakan hal yang klasik bukan? Model ini sangat tepat untuk Anda yang ingin menghemat ruangan di rumah Anda. Pintu geser juga dapat dijadikan partisi yang indah untuk pemisah ruangan. Cobalah dan Anda akan begitu kaget melihat hasilnya yang indah.

Demikian sedikit informasi mengenai pintu kayu dan segala hal yang berhubungan tentangnya. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi yang ingin membuat pintu utama terbuat dari kayu. Kesan alami nan indah akan terpancar dari hunian. Cobalah!