Bingung Memilih Material Pintu Lipat? 9 Tips Memilih Pintu UPVC Ini akan Membantu Temukan yang Terbaik

Bingung Memilih Material Pintu Lipat? 9 Tips Memilih Pintu UPVC Ini akan Membantu Temukan yang Terbaik

UPVC merupakan bahan alternatif pengganti pintu, jendela dan atap kayu. Banyak yang sudah menggunakan material ini. Mengingat bahan kayu sudah sangat sulit untuk didapat dan harganya juga selangit. Penggunaan pintu UPVC menjadi alternatif terbaik untuk membangun hunian yang terlihat mewah dengan harga yang lebih murah.

Banyak yang memilih jenis pintu ini, jika dilihat dari penggunaannya. Seperti pintu dorong, pintu lipat, pintu rolling dan pintu geser. Tapi pada artikel ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara memilih pintu lipat UPVC. Mengingat hanya pintu lipat yang paling banyak menggunakan bahan ini.

Tips Mencari Pintu UPVC Berkualitas

Mencari pintu UPVC berkualitas memang bukan perkara mudah. Tapi bukan berarti anda tidak bisa. Berikut beberapa tips bagaimana mencari pintu bahan UPVC yang berkualitas.

Perhatikan Ketebalannya

Salah satu kelemahan bahan UPVC adalah rentan terkena benturan. Mudah rusak dan retak jika terus menerus terkena benturan benda keras. Terlebih jika menggunakannya pada pintu lipat, akan sering terkena benturan ketika membukanya.

Sebaiknya perhatikan ketebalan daun pintu. Karena jika terlalu tipis, kemungkinan awet akan kecil. Karena sering terkena benturan dan bisa menyebabkan pecah ataupun retak.

Sesuaikan dengan Ukuran Pintu

Di pasaran yang menjual pintu ini cukup banyak sehingga tinggal dipasang saja. Namun sayangnya, terkadang ukurannya tidak sesuai dengan pintu yang sudah dibuat.

Pastikan anda membeli daun pintu yang sesuai dengan ukuran. Kalau tidak tersedia dalam bentuk jadi, tidak ada salahnya memesan terlebih dahulu.

Ukur baik-baik berapa panjang, lebar, dan tingginya. Karena salah ukuran beberapa centi saja akan menimbulkan masalah. Terutama dari segi estetikanya.

Periksa Spesifikasi

Perlu diketahui bahwa setiap merk UPVC memiliki spesifikasi yang berbeda. Ada dari brand tertentu yang dilengkapi dengan penambahan fitur peredam suara. Sehingga layak digunakan untuk ruangan yang membutuhkan penghalau suara dari luar.

Ada pula produk pintu UPVC yang dilengkapi dengan fitur pencegahan suhu AC bocor keluar. Ini penting bagi anda yang menggunakan pendingin ruangan. Cek pula bahan penguat yang digunakan. Apakah terbuat dari besi atau baja galvanis.

Biasanya penjual akan memberikan beberapa katalog yang berisi produk lengkap dengan spesifikasinya. Perhatikan betul-betul tiap produk yang ditawarkan. Dan pastikan membelinya sesuai dengan kebutuhan.

Perhatikan Bearing Roda

Pintu lipat hanya bisa digunakan jika bearing rodanya berfungsi dengan baik. Bearing roda yang berkualitas merupakan satu kesatuan dengan kualitas pintu lipat UPVC. Percuma juga kalau membeli pintu dengan bahan yang berkualitas tapi bearing rodanya tidak berkualitas.

Pastikan bearing roda berbahan stainless steel. Karena bahan stainless steel tidak akan beresiko mengalami korosi atau karat. Sehingga lebih tahan lama dan mudah dilakukan perawatan.

Cek Material Pembuatan Daun Pintu UPVC

Daun pintu adalah material yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Mengingat daun pintu merupakan bagian terluar yang paling sering terkena hujan dan panas. Membuatnya mudah berkarat dan berjamur. Panas dan kelembaban udara berlebih akibat hujan akan semakin memperparah kerusakan pintu.

Untuk itulah perlu dipastikan daun pintu terbuat dari material anti korosi. Seperti galvalume. Karena galvalume telah teruji kualitasnya mampu bertahan pada kondisi cuaca seperti apapun, anti karat dan tidak mudah terkena korosi.

Pilih Seller yang Menawarkan Garansi dan Layanan Purna Jual

Sama seperti produk lainnya, pintu UPVC juga memiliki risiko kerusakan setelah pemasangan. Untuk itulah perlu mempertimbangkan memilih seller yang memberikan layanan purna jual. Untuk mengantisipasi kerugian karena kerusakan pintu setelah pemasangan.

Tidak hanya garansi dari toko. Terkadang garansi juga diberikan oleh pabrikan. Dengan garansi langsung dari pabriknya ini akan memberi jaminan lebih baik bahwa produk yang anda beli memang memiliki kualitas yang baik.

Perhatikan Proses Pemasangan Pintu UPVC

Kualitas bahan dan daun pintu yang bagus tidak menjamin kuatnya pintu yang dipasang. Karena itu semua masih tergantung dari proses pemasangan. Proses pemasangan yang asal-asalan akan membuat kualitas pintu UPVC menjadi tidak baik lagi.

Maka dari itu, pastikan proses pemasangan pintu hanya dikerjakan oleh ahlinya saja. Jangan coba-coba memasang sendiri jika tidak memiliki kemampuan. Tidak ada salahnya meminta bantuan pada kontraktor yang memiliki keahlian memasang pintu lipat UPVC ini.

Periksa Rel yang Digunakan

Selain roda, rel pintu lipat juga harus diperhatikan. Ada dua jenis rel yang sering digunakan, yaitu rel tanam dan rel model eksternal. Sebaiknya gunakan rel tanam. Karena memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan rel eksternal. Rel tanam ini lebih kuat, kokoh, dan tidak mudah rusak. Apalagi untuk pintu lipat yang sering dibuka tutup. Rel tanam tidak akan mudah rusak karena cara pemasangan adalah dengan menanamnya pada lantai.

pintu upvc custom pintu lipat jakarta tangerang surabaya

Pentingnya Pelatuk Pintu UPVC

Apa fungsi pelatuk? Yaitu untuk mengunci pintu. Pelatuk yang dibuat sembarangan akan membuat anda merasa kesulitan sendiri. Terutama saat akan mengunci pintu.

Oleh sebab itu, perhatikan kualitas pelatuk. Pastikan memiliki pelatuk yang baik. Sesuai dengan daun pintu yang digunakan. Karena sebagus apapun kualitas pintu, rel, dan bearing roda, percuma kalau pelatuknya tidak bisa berfungsi dengan baik.

Itulah 9 hal yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli pintu UPVC. Dibandingkan dengan bahan kayu, bahan UPVC lebih tahan terhadap api. Cocok digunakan untuk bangunan yang beresiko tinggi sering terjadi kebakaran.

Selain tahan terhadap paparan api, pintu dengan bahan UPVC juga tahan pada air hujan. Sehingga mampu mencegah kebocoran. Tidak seperti pintu dengan bahan kayu yang sering rusak karena rayap. Bahan UPVC tahan terhadap paparan rayap. Sehingga lebih awet dan kokoh.

Bentuk dan warnanya juga beragam. Bisa menyesuaikan dengan warna dinding dan lantai bangunan. Tak perlu bingung dengan perawatannya. Karena tidak membutuhkan biaya mahal untuk perawatan pintu dengan bahan UPVC ini. Cukup dilap dengan menggunakan lap basah, pintu akan terlihat baru lagi.

Bagaimana? Tertarik dengan pintu UPVC? Pastikan pembelian dan pemasangan pintu berbahan UPVC bersama Bangunan Pro. Kontraktor hunian dan bangunan lainnya yang berpengalaman dan profesional. Menjadikan rumah hunian anda nyaman dengan penggunaan material berkualitas dan harga yang sangat terjangkau.