Rupa-rupa Pintu Patio untuk Tahun 2023

Selain membuat tampilan wajah rumah jadi lebih menarik, keberadaan taman atau patio bikin udara sekitar rumah terasa lebih sejuk. Tanaman memang filter udara alami sehingga rumah-rumah dengan taman yang terawat akan lebih sehat ketimbang yang tidak bertaman. Tidak mesti luas, halaman dengan ukuran terbatas pun bisa kita jadikan patio yang indah sekaligus penyejuk mata. Maka jangan ragu untuk memaksimalkan ruang terbuka tersebut sebaik mungkin. Genapi kesempurnaannya dengan beberapa elemen yang tak kalah penting, salah satunya pintu patio.

Apa Sih Pintu Patio Itu?

Pintu memainkan peranan penting pada sebuah rumah atau bangunan aktif (bangunan yang dijadikan sebagai tempat berlangsungnya aktivitas sehari-hari secara wajar). Dahulu orang menganggapnya hanya sebagai akses keluar-masuk, tapi kini cara pandang masyarakat terhadap pintu semakin luas.

Pintu telah menjadi sesuatu yang sangat esensial. Itu mengapa dalam memilih desain sebuah pintu memerlukan pertimbangan matang. Sebab bila salah pilih dapat mengacaukan estetika dari tampilan dari tampilan rumah itu sendiri.

Ada begitu banyak jenis pintu yang dapat kita temukan di toko material atau sekadar kita lihat gambarnya melalui internet. Pada dasarnya semua model pintu berfungsi sama. Namun yang membedakan antara satu sama lain adalah desain dan peletakannya. Nah, salah satu pintu yang kian populer ialah pintu patio.

Pintu patio merupakan pintu yang peletakannya menghadap ke taman. Hadir dalam bentuk bermacam rupa, baik dari segi material maupun cara penggunaannya. Keberadaan pintu patio pada sebuah rumah bukan cuma sebagai akses untuk keluar-masuk, tapi juga sekat yang memungkinkan kita tetap dapat melihat taman tanpa harus membuka pintu.

4 Desain Pintu Patio yang Bakal Laris di 2024

Pada mulanya, pintu taman identik untuk rumah-rumah mewah dengan hamparan taman yang sedemikian luas dan memiliki kolam renang. Kesia-siaan belaka jika rumah minimalis dengan lahan terbatas ikut-ikutan menggunakannya. Namun pada nyatanya, kini hal itu bukan lagi penghalang bagi pemilik rumah dengan lahan terbatas.

Para desainer interior dan eksterior andal dapat membantu Anda mewujudkan sebuah rumah dengan taman di lahan terbatas, bahkan walau bentuknya berupa potongan lahan khusus di dalam rumah yang sengaja dibiarkan terbuka atau biasa kita sebut taman indoor.

Dengan adanya taman maka penggunaan pintu patio pun menjadi sebuah keniscayaan. Bahkan, di tahun 2024 mendatang pintu yang menghadap ke patio ini diprediksi akan semakin ramai peminat. Untuk Anda yang mulai kepikiran ingin menggunakannya, beberapa desain pintu taman berikut ini mungkin bisa jadi referensi Anda sebelum menetapkan pilihan:

Pintu Model Tropis Modern

Ciri khas dari pintu-pintu bermodel tropis modern ialah mampu memberikan sirkulasi yang baik. Sebab, rumah-rumah di kawasan tropis umumnya terasa panas saat siang hari. Untuk itu pintu harus memiliki bukaan yang luas.

Perihal materialnya sendiri menggunakan kaca berbingkai kayu yang berpoles cat cokelat. Ketika sinar matahari membentur pintu, warna kayu jadi tampak mengkilap, eksotik, elegan. Tapi tentu saja itu bukan aturan baku. Anda tetap bisa me-recreat warna pintu sesuai kehendak hati. Hanya saja, nuansa tropisnya sedikit berkurang.

Selain itu, intensitas cahaya pada pintu seperti ini lebih dari mencukupi. Mungkin Anda berpikir keberadaan pintu ini akan membuat Anda silau. Tapi tenang, tumbuhan di taman dapat menjadi tabir agar sinar matahari tidak terlalu semena-mena menerobos rumah Anda. Malah bisa menciptakan efek siluet yang sangat indah.

Pintu model tropis modern ini bisa dalam bentuk pintu geser maupun tidak. Namun di tahun mendatang tampaknya pintu dengan bukaan 3600 tampaknya akan menjuarai, dengan alasan tampilannya lebih unik daripada pintu geser dan tidak makan tempat sebanyak pintu biasa.

desain pintu patio kayu aluminium upvc

Pintu Crittal

Pintu crittal bisa dibilang pintu mulifungsi. Memainkan beberapa peranan sekaligus yakni pintu, jendela, sekat, bahkan dinding. Pintu ini banyak kita temukan pada rumah-rumah atau kafe dengan gaya arsitektur ala industrial. Bahkan, disebut-sebut pintu yang mendukung konsep rumah hemat energi. Sebab dapat membuat ruangan jadi lebih terang, sehingga kita dapat meminimalkan penggunaan lampu.

Karena pintu ini merangkap jendela juga maka hampir seluruh permukaannya terbuat dari kaca dengan bingkai tipis yang mengelilinginya. Jika Anda ingin menghadirkan konsep taman indoor, maka pintu semacam inilah yang Anda butuhkan sebagai penyekat. Sehingga Anda bisa mengatur kapan perlu membuka atau menutup pintu. Semisal hari cerah pintu Anda bisa menggesernya untuk mendapatkan angin. Sebaliknya, ketika hujan Anda perlu menutupnya agar cipratan air hujan tidak masuk ke dalam rumah.

Pintu Geser PVC

PVC tampaknya jadi material favorit masyarakat modern. Dari segi harga material satu ini terbilang murah, tapi dari segi kualitas sungguh tidak main-main. Pintu-pintu berbahan PVC hadir sebagai penuntas kebutuhan masyarakat dengan budget terbatas, tapi menginginkan sebuah pintu yang apik dan tahan lama.

Pintu geser PVC akan diprediksi akan berjaya di masa datang sebagai pintu taman, terutama yang berwarna-warna soft seperti putih atau cream. Pemilihan warna-warna terang bukan tanpa sebab, melainkan dengan maksud agar ruangan bisa terlihat lebih luas dan kontras ketika bertabrakan dengan warna-warni tanaman di taman.

Pintu Patio Smart Lock System

Mengingat peradaban yang kian berkembang, maka sesuatu yang canggih pun semakin kita butuhkan. Bahkan untuk sebuah pintu sekalipun. Bila umumnya pintu dilengkapi dengan anak kunci, tahun mendatang kemungkinan besar orang-orang mulai beralih ke pintu dengan sistem smart lock.

Pintu smart lock system tidak membutuhkan anak kunci. Pegangan kita adalah card lock, smartphone, atau bahkan sidik jari. Sistem penguncian telah diatur secara komputerisasi sehingga tidak mudah dibobol.

Sistem penguncian seperti ini memang ideal untuk pintu yang menghadap ke patio. Sebab, umumnya pintu-pintu tersebut merangkap sebagai jendela dan tidak memiliki teralis sama sekali. Dengan penggunaan smart lock system, setidaknya kita telah berupaya membentengi rumah dari kelakuan perampok atau maling.

Bermacam rupa-rupa pintu patio memang menggoda kita untuk segera memasangnya di rumah. Terlebih bila Anda termasuk orang yang menyukai keindahan sebuah taman. Memandang keindahan tersebut dari dalam rumah sendiri tanpa harus membuka pintu tampaknya akan sangat menyenangkan sekali. Pesan sekarang juga custom pintu dan jendela di BangunanPro untuk proyek Anda.