Pintu PVC Kelebihan dan Kekurangan

Sebagai tempat yang lembab dan basah, membangun kamar mandi tidak hanya mempertimbangkan sisi estetikanya saja. Tapi juga material yang digunakan. Salah satunya adalah pintu. Gunakan pintu dengan material anti korosi, anti lembab, dan tidak mudah rapuh. Apa lagi kalau bukan pintu PVC.

Bahan PVC atau yang sering disebut sebagai Polyvinyl Chloride merupakan bahan yang sering digunakan untuk ruangan yang basah dan lembab. Karena dengan bahan turunan dari plastik, PVC anti korosi dan tahan terhadap air. Sama seperti material lainnya. PVC juga memiliki banyak kelebihan dan kelemahan.

Kelebihan dari Pintu PVC

Sebagai material pintu yang banyak digunakan, pintu PVC tentu memiliki banyak kelebihan, antara lain:

Anti Karat

Salah satu kelebihan bahan PVC adalah anti karat. Tidak hanya itu saja. PVC juga anti lapuk dan dan juga anti rayap. Berbeda dengan pintu yang berbahan kayu. Dimana lebih cepat lapuk karena rayap dan lembab akibat percikan air.

PVC terbuat dari turunan plastik. Meski teksturnya terlihat ringan dan ringkih, nyatanya pintu ini cukup kuat. Sangat layak digunakan untuk pintu kamar mandi yang memiliki luas terbatas. Meski sering terkena cipratan air dari dalam, bahan PVC memiliki ketahanan dan keawetan yang cukup baik.

Mudah Saat Pemasangan

Pintu PVC biasanya dijual dalam bentuk satu set dengan kusennya. Bahannya yang ringan membuat pintu ini mudah dipasang siapa saja. Tidak harus menggunakan jasa tukang bangunan. Sehingga akan lebih menghemat biaya.

Tapi bagi anda yang sama sekali tidak memiliki skill tukang, tidak ada salahnya meminta bantuan ahlinya. Meskipun demikian, pemasangan pintu kamar mandi berbahan PVC lebih mudah dibandingkan bahan lainnya.

Mudah Dibersihkan

Bagi anda yang pernah memiliki pintu ruangan dari bahan logam maupun kayu, pasti paham bagaimana rasanya ketika harus membersihkan. Diperlukan cairan pembersih khusus agar pintu tidak hanya bisa terlihat bersih. Tapi juga tetap awet.

Berbeda dengan pintu yang berbahan PVC. Anda tidak perlu menyiapkan bahan pembersih khusus. Cukup lap bersih, air dan sedikit sabun cuci piring. Cara ini cukup ampuh mengusir debu ataupun lumut yang ada pada permukaannya. Hanya sedikit usaha saja pintu sudah terlihat bersih dan baru lagi.

Banyak Pilihan Desain dan Motif

Bagi anda yang sering berkunjung di beberapa toko bahan bangunan, pasti tidak pernah melihat pintu kamar mandi PVC. Ada banyak pilihan motif dan desain yang bisa dipilih. Ini dikarenakan pintu ini diproduksi dengan alat cetak khusus yang berteknologi tinggi.

Ada pintu dengan desain gambar, motif kotak-kotak, dilengkapi dengan cermin, dan desain lainnya. Bahkan ada beberapa pintu yang telah dilengkapi dengan sirkulasi udara. Yang berfungsi untuk mengurangi kelembaban udara di dalam kamar mandi.

Dengan sirkulasi udara yang baik ini, kamar mandi akan lebih sehat. Jamur tidak mudah berkembang biak dan bau kurang sedap bisa diminimalkan.

Harganya Lebih Murah

Dibandingkan dengan pintu kayu, pintu PVC dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Paling murah berharga 200 ribu. Sedangkan paling mahal sekitar 600 ribu. Harga itu tergantu fitur dan motif dari pintu. Harga bisa murah dikarenakan pintu diproduksi secara masal dengan mesin khusus.

Selain murah pada biaya pembelian dan pemasangan, pintu ini juga murah dalam hal perawatan. Karena tidak perlu menggunakan jasa perawatan khusus yang berharga mahal. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

jual pintu pvc pintu upvc pintu kayu pintu baja

Kelemahan yang Dimiliki oleh Pintu PVC

Sama seperti produk lainnya. Selain memiliki banyak kelebihan, nyatanya pintu dengan bahan PVC ini juga memiliki banyak kekurangan, antara lain:

Tidak Ramah Lingkungan

Meski sudah banyak digunakan, ada satu fakta tentang PVC yang tidak diketahui banyak orang. PVC atau Polyvinyl Chloride merupakan bahan yang tidak bisa didaur ulang. Sehingga tidak ramah lingkungan. Selain itu, material ini mudah melepaskan zat kimia yang bisa mencemari air, udara dan lingkungan.

Tak hanya itu saja. PVC juga bisa melepaskan zat Volatile Organic Compounds ke udara. Sehingga menyebabkan alergi bagi mereka yang intoleran pada zat ini. Menyebabkan masalah tersendiri bagi penghuni yang alergi pada zat VOC tersebut.

Tidak Cocok digunakan Untuk Luar Ruangan

Bagi anda yang memiliki kamar mandi di luar ruangan, sebaiknya pikir ulang untuk menggunakan pintu dari bahan PVC ini. Karena bahan ini tidak tahan dengan paparan sinar matahari. Warnanya akan cepat pudar sehingga mengurangi nilai estetikanya.

Selain itu, paparan sinar matahari juga akan mudah membuatnya memuai. Jika ini dibiarkan saja, maka pintu akan lebih sulit untuk ditutup. Lama kelamaan mengalami kerusakan yang permanen.

Yang Jadi Perbedaan PVC dan UPVC

Secara sekilas, antara bahan PVC dan UPVC seperti sama saja. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Dibandingkan dengan bahan UPVC, bahan PVC lebih elastis. Sehingga mudah dibentuk menjadi berbagai jenis perabotan rumah tangga. Salah satunya adalah pintu untuk kamar mandi.

Selain elastis, pemasangan dan pelepasan material PVC juga lebih mudah. Menjadikan bahan ini sering digunakan untuk material berbagai bahan bangunan lainnya.

Berbeda dengan jenis bahan UPVC. Bahan ini memiliki tekstur yang lebih keras. Tidak selentur bahan PVC. Lebih keras dan kaku. Meski sebenarnya bahan UPVC merupakan turunan dari PVC.

Sedangkan dari segi harga, UPVC lebih mahal dibandingkan dengan PVC. Ini dikarenakan UPVC lebih ramah lingkungan. Mudah diurai oleh tanah dan tidak mencemari lingkungan. Selain itu, bahan ini juga tidak mengeluarkan zat VOC yang bisa membuat mereka yang intoleran mengalami alergi.

Jika dilihat dari hasil akhir, material UPVC terlihat lebih kokoh. Cocok digunakan untuk berbagai bahan bangunan yang menuntut kekuatan lebih, seperti pada bagian atap dan juga sebagai pintu upvc.

Selain itu, kekokohan bahan UPVC juga akan melindunginya dari lalapan api ketika terjadi kebakaran. Berbeda dengan bahan PVC yang akan dengan mudah terpapar api.

Demikian beberapa informasi penting terkait pintu PVC. Bagi anda yang tertarik dengan material PVC ini. Sebuah perusahaan konstruksi yang memiliki reputasi baik akan membantu anda memiliki hunian yang nyaman, ramah lingkungan, dan dengan harga yang terjangkau.