Pintu Bypass adalah

Pada dasarnya, pintu bypass merupakan pintu geser. Hanya saja, jenis pintu geser yang satu ini menggunakan dua buah pintu sekaligus pada satu rel yang sama. Keduanya dapat bergerak berbarengan atau bisa juga sendiri-sendiri. Tergantung bagaimana dan tujuan Anda menggunakannya.

Sistem kerja pintu bypass bergerak dari ujung ke ujung secara horizontal. Pintu ini tidak memerlukan engsel sebagaimana pintu dengan model berayun dari dalam ke luar atau sebaliknya. Namun untuk dapat bekerja sebagaimana mestinya, semua jenis pintu geser bergantung penuh pada rel dan roda. Jadi semisal terjadi masalah pada pintu geser Anda, kemungkinan besar penyebab utamanya ada di dua komponen tadi.

Penggunaan pintu geser bypass sangat tidak terbatas. Hal itu bisa jadi bukti betapa banyaknya orang yang jatuh cinta pada pintu ini. Betapa tidak? Selain desainnya yang menawan dan futuristik, pintu geser adalah jawaban atas keresahan orang-orang yang memiliki rumah minimalis atau ruang terbatas.

Ingin punya pintu besar tapi luas ruangan tidak memadai. Di sinilah pintu slide bypass jadi andalan. Sebab pintu dengan sistem slide tidak membutuhkan space yang terlalu besar namun kita tetap bisa mendapatkan pintu dengan fungsi maksimal.

Pemasangan Pintu Bypass

Pintu slide bypass bukan cuma cocok untuk pintu ruang tamu. Belakangan semakin banyak yang mengaplikasikannya sebagai pintu kamar agar menimbulkan kesan lain daripada biasa dan aesthetic tentunya. Pintu ini terdiri dari dua cara pemasangan.

Pertama, menggunakan bingkai dudukan bila Anda menginginkan roda dan relnya berada di bawah pintu. Kedua, menempatkan rel dan roda di bagaian atas pintu bila Anda suka tampilan yang borderless atau tanpa bingkai. Kedunya sama-sama menarik, tergantung pada seni keindahan seperti apa yang Anda harapkan.

Desain pintu bypass agak berbeda dari pintu-pintu geser lainnya. Sebab, menggunakan dua buah pintu sekaligus. Kegunaannya bukan hanya sebagai pengontrol seberapa lebar bukaan pintu, tapi juga melindungi privasi apabila Anda tidak menghendaki semua orang bisa melihatnya.

Sebagai contoh, sisi kiri kamar Anda adalah kamar mandi. Anda tidak mau bagian tersebut terlihat dari luar apabila pintu kamar terbuka. Maka dengan menggunakan bypass door, Anda dapat membiarkan pintu sebelah kiri tetap berada pada posisinya, sedangkan yang kanan bisa Anda maksimal.

Pemasangan pintu bypass untuk kamar juga menumbuhkan kesenangan tersendiri. Tak jarang orang asyik memainkan warna pada dua pintu tersebut. Mengombinasikan dengan warna-warna favorit agar tercipta sebuah nuansa tertentu.

Misalnya, untuk yang suka nuansa browny bisa memulas salah satu pintu dengan warna cokelat kopi dan satunya lagi cream sebagai penyeimbang agar tak terlalu gelap. Anda akan berdecak kagum begitu melihat dua pintu berdampingan dengan warna yang berbeda namun serasi satu sama lain.

Pintu Slide Bypass untuk Lemari Pakaian

Selain untuk pintu kamar, slide door model double pintu juga bisa kita terapkan pada lemari pakaian. Anda yang punya banyak koleksi pakaian pasti membutuhkan lemari berukuran besar. Tapi seringkali luas ruangan jadi kendala untuk menempatkan lemari besar di dalam kamar.

Nah, lemari model bypass adalah opsi paling ideal buat Anda. Sebesar apapun ukuran lemarinya, dengan lemari sistem slide Anda tetap dapat membuka pintunya selebar mungkin tanpa khawatir terhalang oleh benda-benda lain di dalam kamar.

pemasangan pintu slide bypass

3 Aneka Pintu untuk Mempercantik Kamar

Estetika sebuah kamar sesungguhnya berawal dari pintu. Bayangkan saja, apa jadinya kamar yang aesthetic tidak memiliki pintu sama sekali. Pasti kesannya aneh, bukan?

Dalam upaya mempercantik kamar, pilihan kita bukan cuma ada pintu geser bypass saja. Beberapa jenis lainnya juga mampu menciptakan kesan luar biasa pada tampilan kamar Anda. Tapi tentu masing-masing punya plus dan minusnya.

Kalau Anda bermaksud ingin mendekor ruang privat Anda ini dan membutuhkan sebuah pintu baru yang cantik, beberapa contoh berikut ini mungkin bisa jadi pedoman Anda sebelum membeli:

Pintu Pocket

Sama halnya dengan pintu bypass, pintu pocket juga masuk dalam “keluarga besar” pintu geser. Bahkan tampilannya pun ada kemiripan yang cukup kental. Hanya saja, untuk pintu yang satu ini desainnya berlapis sama rata. Sedangkan bypass door sudut-sudut kedua pintu hanya bertemu sejajar ketika pintu sama-sama berada di posisi tengah.

Pintu pocket menggunakan dua pintu dengan detail yang berbeda. Lapisan pertama biasanya seperti jeruji atau sisir dengan barisan sela-sela yang sempit. Sedangkan selapis lagi polos. Keduanya punya fungsi yang berbeda. Jadi ketika Anda ingin menginginkan semilir angin masuk tapi tak mau membuka pintu, Anda tinggal buka pintu polosnya saja dan biarkan pintu berjeruji tadi tetap dalam kondisi tertutup. Angin akan tetap bisa masuk dari sela-sela jeruji.

Model seperti ini sempat popular pada tahun 50-an. Biasanya rumah-rumah gedongan, wisma, atau rumah sakit di zaman itu yang menggunakannya.

Pintu Bifold

Pilihan lainnya yang tak kalah menarik adalah pintu bifold. Pintu bifold tersedia dalam dua pilihan: geser atau lipat. Pintu seperti ini dapat Anda jadikan pintu utama kamar, namun bisa jadi sekaligus sekat apabila Anda memiliki walk in closet.

Keberadaan pintu bifold mampu menambah value dari desain kamar Anda. Tetapi, sesuaikan juga dengan luas ruangan kamar Anda. Pintu lipat memerlukan space yang cukup besar agar bisa terbuka sempurna. Kecuali Anda memilih pintu bifold dengan sistem geser, jelas itu akan lebih efisien.

Pintu Pivot

Pintu pivot memang tidak sepopuler bypass door lantaran desainnya yang non konvensional. Namun punya nilai seni tersendiri. Pintu piot masuk ke dalam jajaran pintu engsel. Uniknya, engsel pada pintu ini tidak berada di samping pintu melainkan di tengah. Jadi ketika kita buka pintu akan berayun sekaligus ke dua raha: dalam dan luar.

Pintu seperti ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang memiliki kamar dengan zona yang luas. Sebaliknya, Anda bisa skip pintu pivot dari daftar pilihan jika kamar minimalis. Sebab lebar pintu ini hampir 2x lipat dari lebar pintu engsel pada umumnya.

Itu dia gambaran dari pintu bypass untuk kamar beserta rangkaian model alternatif lainnya. Silakan sesuaikan dengan kondisi kamar sendiri. Semoga pilihan Anda tepat.