Pocket Sliding Door di Rumah Minimalis

Pocket sliding door tampaknya sedang naik daun. Hal itu dapat kita perhatikan pada rumah-rumah modern yang kini lebih sering menggunakan sliding door ketimbang pintu engsel. Tapi, apakah semua pembaca sudah tahu sliding door itu seperti apa? Mengapa banyak orang memilih menggunakan pintu ini untuk rumah mereka?

Baca artikel ini sampai tuntas. Semua yang ingin diketahui tentang pocket sliding door akan terjawab di sini.

Perbedaan Pocket Sliding Door dengan Pintu Engsel

Pintu memainkan peranan penting pada sebuah rumah. Bukan hanya berfungsi sebagai akses keluar-masuk, tapi juga penghubung antar satu ruang dengan ruangan lainnya sekaligus titik perhatian pertama orang terhadap sebuah rumah.

Jadi ketika kita melihat sebuah rumah maka indera penglihatan kita secara spontan akan langsung tertuju pada pintu, bukan atap, lantai, atau bagian-bagian lainnya. Itu mengapa kita seyogyanya memilih pintu sebagus dan setepat mungkin. Selain mempertimbangkan fungsi, alasan lainnya tentu saja estetika.

Dahulu, umumnya masyarakat menjatuhkan pilihan pada pintu engsel. Pintu engsel merupakan pintu dengan teknik pemasangan bergantung penuh pada engsel. Pintu model ini bertumpu pada engsel yang kita pasang di kusen. Dengan bantuan engsel daun pintu bisa bergerak hingga 90 derajat.

Di era modern, model-model pintu lainnya terus bermunculan seperti tak kenal henti, hingga kemudian kita mengenal yang namanya sliding door. Pintu ini tidak menggunakan engsel, melainkan pocket sliding door atau rel khusus agar pintu bisa bergerak/bergeser ke samping. Rel tersebut bisa pasang pada bagian bawah maupun atas pintu, tanpa sedikit pun mengurangi fungsinya.

Penempatan Pocket Sliding Door Pada Rumah dengan Luas Terbatas

Menempatkan sliding door pada rumah-rumah dengan luas terbatas adalah keputusan tepat. Sebab, pintu geser tidak makan tempat sebagaimana pintu engsel yang daun pintunya bergerak ke dalam dan keluar. Tanpa space yang memadai, pintu engsel tidak dapat berfungsi secara sempurna. Bahkan, bisa membentur benda-benda yang terdekat darinya sehingga menyebabkan kerusakan. Akan lebih sulit lagi apabila daun pintunya lebar atau menggunakan pintu engsel dengan dua belah daun pintu.

Sliding door pada rumah minimalis menjadikan ruangan tampak lebih luas dan rapi. Anda tidak perlu memperhitungkan jarak antara ruang dengan ukuran pintu. Bahkan untuk sliding door berukuran sangat lebar sekalipun tetap memungkinkan diaplikasikan pada rumah minimalis.

Jenis-jenis Sliding Door

Menariknya lagi, desain sliding door ini banyak macamnya. Mulai dari variasi desain pintunya, material, warna, size, dan segala macamnya. Dengan semua itu kita bisa lebih leluasa dalam menentukan pilihan. Mau menyesuaikannya dengan konsep rumah atau sebatas memilih berdasarkan selera saja.

Yuk intip beberapa jenis sliding door yang paling populer:

Pocket Sliding Door

Pintu geser yang satu ini termasuk jenis yang paling standar, tapi ramai peminatnya. Pocket sliding door sebenarnya sebuatan untuk rel dan roda yang terpasang pada pintu ini. Penempatan relnya sendiri sangat fleksibel, boleh di atas atau di bawah pintu.

Biasanya, rumah-rumah minimalis zaman sekarang lebih suka menempatkan relnya di bagian atas pintu. Sebab kita bisa menutupi rel tersebut dengan pelmet box supaya pintu kelihatan lebih keren dan rapi. Cara seperti itu akan sedikit sulit kita terapkan apabila relnya berada di bagian bawah. Namun, semuanya kembali lagi pada selera masing-masing.

jual instalasi Pocket Sliding Door pintu geser

Bypass Door

Bentuk lain dari pintu geser dapat kita lihat pada bypass door. Bypass door menggunakan dua gerbang pintu dengan bentuk dan ukuran yang seragam. Hanya saja posisi pemasangannya berlawanan arah dan menggunakan dua kenop kunci yang akan bertumpu pada sisi terluar pintu.

Bypass door memang tidak sesederhana sliding door kebanyakan, namun sejatinya pintu ini punya fungsi tersendiri, yakni sebagai penutup dua buah ruangan sekaligus yang posisinya bersebelahan. Jadi kita bisa menggeser sebelah gerbang saja atau keduanya sekaligus.

Arcadia Door

Arcadia door merupakan jenis pintu geser yang sebagian besar materialnya terbuat dari kaca. Selain menghemat ruang, pemakaian pintu sliding door seperti ini membuat rumah jadi lebih terang dan clean. Sangat tepat bila posisi pemasangannya menghadap ke taman. Namun, beberapa rumah juga menjadikan arcadia door sebagai pintu kamar mandi pribadi atau sekat ruangan.

Mirrored Door

Mirrored door menggabungkan dua fungsi sekaligus yakni pintu dan cermin. Tampilannya sering mengecoh orang yang melihat. Betapa tidak? Bentuknya nyaris tidak seperti pintu, tapi secara fungsi mirrored door telah memenuhi persyaratan sebagai sebuah pintu. Unik, bukan? Di samping untuk pintu rumah, mirrored door juga bisa memanfaatkan sebagai pintu lemari.

Shoji Door

Shoji door juga merupakan pintu yang dilengkapi dengan pocket sliding agar dapat bergeser buka-tutup. Paling mudah kita temukan pada rumah, restoran, atau studio-studio khas Jepang. Pintu ini terbuat dari kayu dengan desain kotak-kotak yang ditambahi kertas khusus sebagai penangkal radiasi cahaya.

Keunggulan Pocket Sliding Door

Besarnya minat masyarakat terhadap pintu yang menggunakan sistem pocket sliding tak terlepas dari sejumlah keunggulan yang dimilikinya, antara lain:

  • Tidak makan tempat. Pengaplikasian pintu dengan sistem geser cocok untuk segala jenis ruangan, terlebih untuk ruangan yang sempit sekalipun. Kita tidak perlu menyisakan ruangan kosong dalam bentuk sekecil apapun hanya agar pintu dapat terbuka.
  • Unik dan mewah. Sekalipun rumah kecil, namun akan kelihatan mewah bila menggunakan pintu sliding. Kesan unik akan terekam dalam ingatan orang-orang yang melihat. Sebab, sejauh ini rumah di Indonesia kebanyakan masih menggunakan pintu engsel.
  • Pemasangan pocket sliding pada pintu juga bisa kita fungsikan sebagai partisi ruangan. Bisanya diterapkan pada ruangan-ruangan yang cukup luas, tapi tidak ingin ada pembatas permanen. Dengan adanya sekat partisi, satu ruangan bisa dibagi dua atau digabungkan sekaligus sesuai kebutuhan.

Kelemahan Pocket Sliding Door

Bukan cuma kelebihan pintu sliding saja harus kita ketahui. Agar berimbang perlu juga kita kenali apa saja kelemahaannya:

  • Harga relatif lebih mahal dari pintu engsel.
  • Proses pemasangannya agak rumit.

Seperti itu gambaran mengenai pocket sliding door. Jika ingin membubuhkan nuansa yang berbeda pada rumah minimalis, jangan pernah ragu untuk menggunakan pintu geser ini. Untuk pembuatan custom pintu, jendela dan furniture, serahkan pada ahlinya BangunanPro.