Kusen Aluminium kelebihan keunggulan

Kusen aluminium sekarang ini sedang tren di dunia properti. Pastinya bisa menjadi alternatif pengganti kusen kayu yang bisa rusak dimakan usia. Semula material rumah jenis alumunium hanya digunakan untuk perkantoran. Sebab rangkanya tidak bisa dibentuk dan sulit dipasang.

Material aluminium paling sering ditemui di bangunan modern karena lebih ringan dan relatif lebih murah ketimbang kusen kayu. Daya tahannya pun dipercaya lebih lama, sebab kusen alumunium tahan rayap dan jamur. Perawatannya pun mudah. Anda hanya perlu membersihkannya dengan sabun cuci piring.

Ringan, praktis, dan juga tahan lama adalah alasan utama kusen alumunium jadi favorit mereka yang sedang membangun rumah atau merenovasi rumah.

Salah satu kendala material berbahan kayu adalah lapuk akibat rayap dan jamur. Itu sebabnya sebagian besar hunian modern sekarang mulai beralih ke material alumunium.

Kendati demikian, tetap ada kekurangan dan kelebihannya ya. Jika Anda sedang membangun rumah, berikut ini adalah alasan mengapa Anda menggunakan kusen aluminium baik untuk jendela ataupun pintu.

Kelebihan Kusen Aluminium

Kerangka atap sekarang banyak menggunakan baja ringan. Bukan hanya kerangka atap, kusen jendela dan pintu juga menggunakan bahan aluminium.

Sebagai orang yang awam, pasti Anda bertanya-tanya. Apa yang menjadi keunggulan material aluminium sehingga banyak digunakan untuk hunian modern? Nah, berikut ini alasan memilih kusen dari aluminium.

1. Tahan terhadap Cuaca

Material aluminium menjadi alternatif hunian modern karena tahan terhadap cuaca. Apalagi sekarang ini, cuaca yang tidak menentu. Nah, material hunian berbahan alumunium bisa jadi pilihan.

Ruangan yang lembap seperti kamar mandi, dapur, atau daerah dengan curah hujan tinggi cocok menggunakan jenis alumunium untuk material rumah.

Bahan aluminium juga tahan terhadap perubahan cuaca. Anda tidak perlu khawatir jika jendela atau pintu memuai akibat cuaca yang berubah-ubah. Tentu sangat cocok untuk cuaca sekarang ini, seringkali dari panas tiba-tiba hujan atau sebaliknya. Anda bisa memilih bahan aluminium sebagai kusen, jendela, dan pintu.

2. Tahan Lama dan Antirayap

Persoalan yang kerap dihadapi material berbahan kayu adalah rayap. Kusen kayu atau rangka kayu sangat rentan terhadap. Tentunya ini akan membuat kayu mudah keropos dan harus diganti. Dari segi harga rangka atau kusen kayu mungkin lebih murah, akan tetapi jika dalam jangka panjang saat ini tidak direkomendasikan.

3. Lebih Kuat

Alasan berikutnya memilih kusen dari aluminium adalah lebih kuat. Bukan hanya dari perubahan cuaca dan rayap, akan tetapi juga terhadap tegangan mekanik.

Bahan aluminium tidak mudah memuai dan susut sehingga tidak mudah melengkung. Dinding pun lebih kuat dan tahan lama, dan menghindari keretakan pada dinding. Jika Anda pernah melihat dinding retak, salah satu penyebabnya adalah kusen atau jendela yang memuai akibat suhu udara.

4. Lebih Ringan

Kendati lebih kuat, namun kusen dari aluminium ini lebih ringan. Sehingga tidak memberikan beban yang terlalu besar pada bangunan. Itu sebabnya banyak digunakan oleh perkantoran atau gedung-gedung tinggi. Baru belakangan, material aluminium digunakan untuk hunian modern.

5. Banyak Pilihan Warna

Berbeda dengan kayu yang hanya ada satu warna, aluminium memiliki banyak pilihan warna. Anda bisa menyesuaikan warna apa yang diinginkan tanpa repot mengecat.

Jika Anda menggunakan kusen kayu, membutuhkan pengeluaran ekstra untuk mempercantik kusen atau pintu rumah. Cat pada kayu juga berpotensi pudar atau terkelupas akibat perubahan cuaca. Nah, ini juga bisa menjadi alasan mengapa memilih kusen bahan aluminium.

6. Perawatannya Mudah

Alasan lain memilih kusen dengan material aluminium adalah perawatannya yang relatif mudah. Anda hanya perlu membersihkannya menggunakan lap atau sabun pencuci piring. Jika ingin mengganti kusen, Anda tidak perlu menjebol dinding, sebab pemasangannya juga tidak sulit.

Hanya saja perlu diperhatikan, untuk memasang dan melepas kusen mintalah bantuan ahlinya. Sebab ada cara khusus untuk melepas dan memasangnya. Kusen juga tidak mudah pudar sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu panjang, tanpa perlu plitur atau cat ulang ketika pudar.

harga kusen aluminium desain kusen

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Kusen Aluminium

Sekarang Anda sudah tahu alasan memilih kusen dengan material aluminium. Selanjutnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli.

1. Ukuran harus Akurat

Kusen ini umumnya adalah buatan pabrik. Ketika membuat lubang pada dinding untuk memasang kusen, harus pas dan sesuai dengan ukuran.

Berbeda dengan kusen kayu yang masih bisa dipotong atau disesuaikan jika ukuran kurang tepat. Jangan sampai lubang tidak tepat atau kusen jadi melengkung, ini akan menyulitkan pemasangan kusen.

Pastikan dulu ukuran kusen yang telah dipesan, baru membuat ukuran daun pintu. Jika tidak sesuai maka harus membongkar dinding agar kusen dapat terpasang. Ketimbang kerja dua kali, pastikan ukuran dinding terlebih dahulu ya.

2. Desain Monoton

Jika kusen kayu, Anda bisa memilih atau memberi ornamen berupa ukiran. Tentunya membuat tampilan semakin menarik. Sedangkan desainnya sangat minimalis dan terbatas.

Jika Anda ingin desain kusen yang menarik dan unik, sebaiknya tidak memilih bahan aluminium. Agar bisa terlihat unik, bisa saja Anda menggunakan desain interior atau home décor yang menarik.

3. Lebih Mahal

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, jika kusen dari aluminium ini lebih mahal ketimbang kusen kayu. Apalagi pemasangan kusen bahan aluminium ini membutuhkan tenaga ahli, atau tukang yang memang spesialis kusen atau piranti rumah berbahan aluminium.

Anda juga harus memperhatikan tukang memasang kusen. Pastikan mereka benar-benar profesional dan berpengalaman. Sebab jika keliru, maka harus membongkar dinding dan tentu saja membutuhkan biaya yang lebih besar. Ini juga menyebabkan harga kusen aluminium lebih mahal ketimbang kusen kayu.

4. Rentan Bocor

Selain memastikan tukang yang profesional, pastikan juga ke pemasang tidak ada celah di antara kusen dengan dinding. Adanya celah tersebut berpotensi menyebabkan kebocoran dan air hujan bisa merembes. Kebocoran bisa terjadi karena adanya celah akibat tidak rapatnya sealant atau karena penggunaan yang sudah lama.

Demikian ulasan singkat terkait mengapa memilih kusen aluminium dan beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan ketika memilih.