ukuran standar kusen kayu ukuran daun pintu kayu pvc apartemen

Pintu merupakan salah satu bagian rumah yang paling penting. Sebab dari pintulah kita bisa keluar rumah dan memasukkan barang perabotan rumah tangga yang dapat melengkapi rumah kita dengan indah. Dalam membangun rumah, terkadang kita bingung ukuran daun pintu, tinggi pintu, hingga lebar pintu. Ukuran manakah yang standar dan cocok dengan desain rumah kita?

Pada umumnya, ukuran standar lebar dan tinggi pintu adalah 80 cm x 210 cm, meskipun demikian ukuran ini dapat menyesuaikan dengan desain rumah Anda. Mari mengenal lebih jauh ukuran pintu dan beberapa hal mengenai pembangunannya.

Ukuran Pintu dengan Satu Ukuran Daun Pintu Lainnya

Ukuran pintu yang memiliki satu daun pintu pada umumnya adalah 80 cm x 210 cm. Jika lebar pintu tersebut dibawah 80 cm, sangat tidak disarankan. Sebab hal ini akan menyulitkan Anda dalam memasukkan perabotan rumah tangga ke dalam rumah.

Ukuran pintu dengan satu daun pintu biasanya diterapkan pada konsep rumah minimalis. Karena memiliki ruang yang terbatas, maka pintu dengan satu daun pintu adalah pilihan yang tepat.

Adapun ukuran daun pintu adalah enam cm dari setiap sisi rumah, utamanya pada bagian depan atau garasi. Namun, jika ukuran panjang dan lebar rumah mencukupi, ukurannya dapat disesuaikan. Jadi, ukuran pintu rumah dengan satu daun pintu itu tidak harus ukuran standar.

Ukuran Pintu dengan Dua Daun Pintu

Jika kita sering mengamati pintu rumah mewah biasanya memiliki pintu dengan dengan dua daun pintu. Hal ini tentu saja didesain dengan harapan selain memberikan kesan mewah, juga memberikan kesan luas, dan memasukkan barang perabotan rumah tangga bukan lagi menjadi masalah.

Mengenai ukuran pintunya sendiri adalah 90 cm x 210 cm dengan rata-rata 65 cm hingga 75 cm. Dan ini harus diimbangi dengan tinggi pintu yang standar untuk ukuran pintu dengan dua daun pintu. Jangan sampai pintunya terlihat pendek. Untuk ukuran tinggi pintunya berkisar antara 220 cm hingga 240 cm.

Ukuran Daun Pintu Geser

Pintu geser atau sliding door menjadi pilihan jenis pintu untuk rumah minimalis. Jika rumah yang ingin dibangun itu minimalis, pintu geser sangatlah tepat untuk Anda. Dalam membangun pintu geser ini, ukuran standar daun pintu atau kusennya adalah 80 cm x 210 cm, lebar sisi setiap kusennya sendiri adalah 12 cm. Namun, ukuran lebar standar ini bukan menjadi patokan, lebarnya sendiri masih dapat diatur sesuai dengan desain rumah.

Ukuran Kusen Pintu Ruangan

Ukuran kusen atau daun pintu setiap ruangan itu berbeda-beda. Hal ini tergantung pada tujuan ruangan itu untuk apa. Sebagai penyekat ruangankah, pintu kamar mandi, pintu utama, atau pintu kamar tidur?

Ukuran pintu ini akan berbeda-beda sesuai dengan tujuan ruangan tersebut. Yang pasti, untuk ukuran daun pintu itu, janganlah terlalu pendek atau terlalu sempit.

Berikut ini daftar ideal yang dapat membantu, untuk ukuran pintu yang sesuai dengan yang dibutuhkan dan sesuai dengan jenis ruangannya.

  • Ruang utama, ruang tamu, dan ruang keluarga: 150 cm x 220 cm.
  • Kamar tidur, dapur dan ruang makan, pintu eksterior atau taman, dan gudang: 92 cm x 220 cm.
  • Pintu garasi: 82 cm x 240 cm.
  • Pintu kamar mandi: 72 cm x 220 cm.

Demikan mengenai ukuran pintu yang sesuai dengan standar biasanya. Namun, tidak harus mutlak diterapkan pada konsep rumah Anda. Yang perlu diingat, jangan sampai pintu itu terlihat terlalu pendek, terlalu sempit, maupun ukuran lebar, dan tingginya tidak sesuai sehingga tidak terlihat seimbang. Jadi sebelum memasang pintu dan kusennya ada baiknya bertanya juga pada mereka yang sudah ahli dan berpengalaman dalam memasang pintu.

Bahan untuk Membuat Kusen Pintu

Dalam proses pembuatan pintu, proses pengukuran pintu adalah hal yang paling penting sebelum memasangkan pintu itu sendiri pada kusennya. Namun hal yang tidak kalah penting juga mengenai bahan untuk membuat kusen pintu itu sendiri.

Bahan dari Aluminium

Sudah tidak diragukan lagi, bahan aluminium merupakan salah satu yang direkomendasikan untuk membuat kusen pintu. Hal ini disebabkan karena bahannya yang ringan, anti serangan rayap, tahan terhadap air, dan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan kita. Sehingga karena mudah dibentuk, kita jadi dapat memilih desain seperti yang diinginkan.

ukuran standar pintu di Indonesia jual pintu kayu

Bahan dari UPVC

Apa itu UPVC? UPVC adalah singkatan dari Unplasticized polyvinyl chloride. Ukuran daun pintu dari bahan UPVC ini sangat bagus untuk membuat pintu, utamanya pintu kamar mandi. Pintu dengan bahan UPVC akan tahan terhadap benturan, tahan terhadap panas, juga tidak mudah memuai ataupun menyusut. Jadi, pintu dengan bahan UPVC ini pastilah akan sangat kokoh dan awet untuk rumah.

Selain itu, pintu yang menggunakan bahan UPVC juga kedap suara. Hal ini sangat bagus direkomendasikan untuk ruangan yang memang butuh privasi. Desain dari pintu dengan bahan UPVC juga tidak kalah menariknya. Apabila berniat memasang pintu dengan bahan ini, tersedia banyak pilihan desain dan warna yang menarik.

Bahan dari Kayu

Apakah Anda ingin pintu yang berkesan klasik? Pintu yang berkesan klasik identik dengan pintu kayu. Jika memutuskan untuk membuat pintu rumah dari kayu, maka pastikan kayu yang dipilih adalah kualitas terbaik.

Sebabnya, kayu memiliki beberapa sifat yang tidak tahan lama, seperti mudah diserang rayap, tidak tahan air, mudah menyusut dan memuai, hingga butuh perawatan yang rutin. Namun hal-hal ini dapat diminimalkan, jika memilih kayu dengan kualitas terbaik, seperti kayu jati, kayu merbau, kayu mahoni, dan lain sebagainya.

Kesimpulannya untuk membuat pintu yang sesuai dengan rumah, perhatikan ukuran daun pintu dan pintu yang akan dipasang. Baik dia lebar, tinggi, hingga pemasangan kusennya. Tidak harus mengikuti ukuran standar. Dapat juga menyesuaikan dengan desain rumah. Yang pasti pintu tersebut ukurannya seimbang antara lebar dan tingginya, juga sesuai dengan desain rumah.