Jenis dan Harga Pintu Kayu di Indonesia

Kayu masih menjadi favorit sebagai material untuk membangun rumah. Kayu digunakan sebagai material pintu utama atau pintu ruangan lainnya. Harga pintu kayu pun beragam, menyesuaikan jenis kayu yang digunakan.

Jenis kayu yang paling favorit digunakan sebagai material pintu adalah kayu jati. Jenis kayu lain yang kerap digunakan untuk pintu antara lain adalah kayu meranti, kayu mahoni, kayu Samarinda, dan lain-lain.

Bukan hanya menari, kayu memberi kesan hangat pada sebuah rumah. Selain itu kayu juga bisa diukir atau dikreasikan lebih menarik. Tidak heran jika pecinta pintu kayu masih banyak. Meskipun sekarang banyak bermunculan jenis pintu dari material lain yang lebih ringan.

Alasan Kenapa Memilih Pintu Kayu

Sebelum mencari tahu kisaran harga pintu kayu, Anda harus tahu terlebih dahulu mengapa memilih material pintu kayu. Pintu kayu terlihat sederhana. Akan tetapi, tidak semua orang punya keahlian untuk membuat pintu kayu. Biasanya pintu kayu dibuat oleh perajin kayu. Biasanya mereka membaut beberapa model pintu. Mulai model minimalis, ukiran, sampai terdapat panel yang membuat pintu semakin terlihat menarik. Ada pula yang mengombinasikan dengan kaca.

Baiklah, berikut ini alasan mengapa memilih pintu kayu.

1. Banyak Modelnya

Pintu kayu memiliki banyak model dan bisa dikreasikan sesuai keinginan pemilik rumah. Segala jenis rumah mulai dari rumah sederhana, minimalis, sampai rumah bergaya istana kerajaan cocok menggunakan model pintu kayu.

Anda hanya perlu menyesuaikan model pintu dengan karakter atau gaya rumah. Misal rumah karakter tradisional bisa menggunakan jenis pintu kayu dengan ukiran. Rumah bergaya modern, bisa menggunakan pintu kayu yang dikombinasikan dengan kaca.

2. Nuansa Terasa Hangat

Kayu punya karakter yang hangat. Pintu kayu pun demikian. Mampu memberi kesan hangat pada sebuah rumah. Pintu kayu juga memberi kesan ramah ke para tamu, ketimbang material lainnya. Anda hanya perlu memberi sentuhan artistik dan juga mengecatnya dengan warna solid, pintu kayu di rumah Anda akan terlihat elegan kendati minimalis.

3. Sebagai Dekorasi Rumah

Pintu kayu bukan sekadar jalan keluar masuk rumah. Pintu kayu juga bisa menjadi dekorasi lho. Perhatikan saja pintu kayu kerap dijadikan background foto yang menarik. Artinya pintu kayu juga bisa jadi dekorasi rumah.

Anda bisa menyesuaikan model sesuai gaya rumah. Apakah Anda akan menggunakan model pintu minimalis atau ukiran. Bahkan ada juga yang menggunakan pintu kayu model kupu-kupu, yaitu dua pintu kayu yang berjajar. Biasa digunakan untuk pintu utama atau pintu tengah.

4. Keamanan yang Fleksibel

Tahukah Anda jika kayu bersifat kokoh, padat, dan kuat. Sifat alami tersebut menjadikan pintu kayu lebih aman digunakan dibandingkan jenis pintu dari material lain. Bahkan ada beberapa jenis kayu yang lebih kuat dari besi atau baja. Misalnya kayu kalimatan. Namun perlu diketahui juga, kayu yang digunakan harus yang berusia tua. Semakin tua usia kayu, semakin kokoh dan kuat digunakan.

Untuk pengamanan pintu rumah atau bangunan lainnya biasanya akan ditambah dengan pintu teralis yang terbuat dari besi atau jenis material lainnya.

Pintu Kayu Kelebihan, Kelemahan dan Ragam Jenis Desain

Harus Tahu Juga Jenis dan Harga Pintu Kayu

Ada beberapa jenis kayu yang kerap digunakan material pintu, kusen, jendela, atau furniture rumah. Bahkan ada juga yang masih menggunakan kayu sebagai material sebagai rangka atap. Kayu jati, kayu mahoni, kayu kalimatan merupakan jenis yang paling sering digunakan. Setiap jenis kayu memiliki kelebihan dan kekurangan. Tentunya juga berpengaruh pada harga pintu kayu di pasaran.

Pintu kayu dikerjakan oleh perajin kayu. Mereka menjual pintu kayu dengan harga per meter persegi, jika Anda memesan sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Namun jika pintu yang dipesan sesuai dengan ukuran standar sudah dibanderol dengan harga tertentu. Sebagai konsumen, Anda punya pilihan akan membeli pintu siap pakai atau memesan sesuai dengan ukuran.

Harga pintu kayu belum termasuk biaya pasang dan juga finishing. Ada juga perajin yang membanderol harga termasuk finishing. Jika Anda sedang membangun rumah, berikut ini jenis dan harga pintu kayu yang bisa jadi perkiraan anggaran.

Jenis Jati

Pintu kayu jati adalah salah satu jenis yang paling banyak diminati. Dari segi kualitas, pintu kayu jati tidak diragukan lagi. Harga pintu ini tergantung pada ukuran dan modelnya. Untuk pintu siap pakai dibanderol mulai kisaran Rp4.500.000.

Jenis Merbau

Jenis pintu kayu berikutnya yang sering dipakai adalah pintu kayu merbau. Sering juga disebut kayu besi. Warna pintu kayu merbau cokelat kelabu. Karakter pintu kayu merbau berserat lurus, permukaan licin, dan agak mengkilap. Harga pintu kayu merbau lebih terjangkau ketimbang pintu jati. Harga dibanderol pada kisaran Rp2.700.000 untuk pintu siap pakai. Anda bisa membeli lebih murah, jika membeli kayu meteran dan memesannya di perajin pintu kayu.

Jenis Mahoni

Kualitas kayu mahoni memang tidak sebagus kayu jati. Akan tetapi, kualitasnya cukup bagus dan kerap jadi alternatif material pintu, kusen, atau furniture. Kayu mahoni punya tekstur yang lunak sehingga lebih mudah dibentuk. Karakteristik kayu berserat lurus mirip dengan kayu jati. Itu sebabnya banyak yang memilihnya menjadi alternatif pengganti kayu jati.

Sama dengan jenis kayu lainnya, sebaiknya kayu mahoni digunakan pada pohon mahoni yang usianya sudah tua. Sehingga lebih matang dan kuat digunakan. Harganya pun lebih murah, kisaran harga dibanderol Rp1.000.000. Jika Anda ingin memesan model dan ukuran khusus tentu harganya akan berbeda.

Jenis Kamper Samarinda

Salah satu jenis pintu kayu yang jadi primadona adalah kayu kamper Samarinda. Kualitasnya hampir sama dengan kayu jati, tetapi lebih ramah di kantong. Kelebihan kayu kamper adalah antirayap. Inilah yang menjadi alasan, mengapa kayu kamper digunakan untuk material furniture rumah dan material bangunan. Harga pintu kayu kamper dibanderol sekitar Rp1.750.000. Anda bisa mendapatkan harga berbeda jika memesan pintu dengan ukuran dan model yang berbeda.

Demikian ulasan singkat terkait harga pintu kayu yang kerap digunakan. Pilih yang sesuai dengan budget ya!