Tips Merawat Kusen Jendela Aluminium

Salah satu elemen penting dari rumah yang tidak boleh diabaikan adalah kusen. Material yang paling banyak digunakan adalah kusen kayu dan kusen jendela aluminium.

Untuk material aluminium kebanyakan digunakan untuk perkantoran, toko, atau kafe. Namun sekarang banyak hunian modern yang menggunakan kusen aluminium.

Harganya memang lebih tinggi ketimbang kusen kayu. Salah satu keunggulan aluminium adalah tahan lama ketimbang kusen kayu.

Mengapa Kusen Jendela Aluminium Itu Penting?

Ada dua jenis kusen yang digunakan pada bangunan rumah, yaitu kusen pintu dan kusen jendela. Kusen adalah kerangka yang menjadi tumpuan pemasangan pintu dan jendela.

Itu sebabnya kusen harus kuat menahan berat pintu dan jendela. Selain itu kusen juga harus mampu mengunci pintu dan jendela sehingga aman. Dalam pemasangannya tidak boleh ada celah antara pintu atau jendela dengan kusen, agar tidak ada benda asing yang masuk ke dalam rumah.

Semula kusen menggunakan batuan granit, kemudian pada abad pertengahan baru muncul kusen dari tembaga dan perak. Barulah setelah itu tren penggunaan kusen kayu. Penggunaan kusen kayu bertahan lama, bahkan sampai sekarang. Belum lama muncul aluminium sebagai alternatif kusen kayu yang rentan terkena serangan rayap.

Hunian modern minimalis banyak menggunakan aluminium sebagai kusen pintu atau jendela. Kendati harga lebih tinggi, namun lebih awet dan tahan lama. Selain itu perawatannya juga relatif mudah.

Kelebihan kusen jendela dari aluminium antara lain mudah dirawat dan tidak mudah berkarat. Selain itu juga tahan terhadap berbagai cuaca, baik panas ataupun hujan. Tidak hanya itu kusen aluminium juga tahan api sehingga bisa meminimalkan terjadinya kebakaran. Lalu, aluminium juga ramah lingkungan karena bisa didaur ulang.

Hanya saja, untuk pemasangan kusen jendela bahan aluminium harus dikerjakan oleh mereka yang ahli Ukurannya pun harus sesuai dengan pintu yang akan dipasang. Jika tidak pas ukurannya maka harus membongkar tembok. Tentunya ini memerlukan biaya lebih besar.

kontraktor kusen jendela aluminium jakarta tangerang

Tips Merawat Kusen Jendela Aluminium

Sebelum membeli atau memesan kusen jendela aluminium, Anda harus mengukur terlebih dahulu pintu atau jendela yang akan dipasang.

Ukuran harus tepat sehingga tidak ada celah antara pintu dan jendela dengan kusen. Selain itu Anda juga harus memastikan tempat untuk membuka pintu harus leluasa. Jika ruangan sempit, Anda juga bisa menggunakan pintu geser.

Untuk membersihkan kusen jendela aluminium tidak ada ketentuan atau keharusan. Kondisi cuaca juga berpengaruh pada kusen yang cepat kotor atau terdapat noda. Apalagi jika jendela depan atau jendela yang langsung berhadapan dengan udara di luar ruangan. Jika jendela yang berada di dalam ruangan relatif lebih lama kotor.

Pembersihan yang teratur tentu akan membuat Anda lebih mudah membersihkannya. Dalam beberapa kondisi yang serius, baru disarankan untuk menggunakan amonia ketika membersihkan kusen jendela dari aluminium.

Seberapa sering frekuensi membersihkan kusen jendela tentu menurut kemampuan si pemilik rumah. Bisa satu atau dua pekan sekali.

Anda harus mengetahui bahwa jendela aluminium sangat rentan terhadap pembersih yang bersifat abrasif. Misalnya pembersih yang mengandung pemutih. Anda juga harus memperhatikan kain atau spons yang digunakan untuk membersihkan.

Sebaiknya menggunakan kain tau spons yang lembut sehingga tidak menggores aluminium. Jika kusen jendela dari aluminium tergores tentu akan memperburuk penampilan. Berikut ini adalah cara yang bisa digunakan untuk membersihkan kusen jendela aluminium:

1. Garam

Campurkan garam, tepung terigu, dan cuka. Ini cukup ampuh untuk membersihkan noda membandel yang menempel pada jendela aluminium. Buat pasta kental, kemudian oleskan pada noda yang menempel pada kusen. Diamkan sekitar 15 menit, setelah itu baru bersihkan dengan lap lembap yang hangat. Biarkan kering sebentar.

2. Baking Soda

Bahan dapur lain yang bisa digunakan untuk membersihkan kusen jendela aluminium adalah baking soda. Untuk noda membandel Anda bisa mencampurkan baking soda dengan air perasan lemon atau cuka.

Bersihkan noda pada kusen secara perlahan menggunakan lap yang lembut. Setelah itU Anda bisa membasuhkan lap lembap sekali lagi, dan tunggu kering. Baking soda dan cuka atau air lemon dikenal cukup ampuh untuk membersihkan noda membandel termasuk karat pada logam.

3. Alkohol

Anda juga bisa membersihkan noda membandel pada jendela aluminium dengan menggunakan alkohol gosok. Caranya campurkan alkohol gosok dengan cuka. Kemudian lap bagian yang terkena noda membandel dengan kain yang lembut.

Jangan lupa untuk menghindari iritasi, Anda wajib menggunakan sarung tangan untuk menghindari akibat buruk dari alkohol.

4. Saus Tomat

Mungkin kedengarannya aneh, saus tomat digunakan untuk membersihkan noda. Kendati demikian, saus tomat memang ampuh untuk membersihkan noda membandel pada jendela aluminium.

Asam pada saus tomat akan membantu membersihkan noda membandel. Caranya tuangkan saus tomat pada noda membandel, kemudian bersihkan dengan lap lembap.

5. Menggunakan Air Biasa

Untuk jendela yang menghadap keluar, perawatan rutin bisa juga dilakukan dengan cara membersihkannya dengan air biasa. Anda bisa menyemprotkan air langsung pada jendela dan kusen. Usahakan tidak ada celah antara keduanya agar air tidak masuk ke dalam rumah.

Campur air hangat dengan deterjen atau sabun cair pencuci piring. Kemudian lap dengan menggunakan lap bersih yang lembut. Bilas kembali dengan air bersih dan biarkan kering sendiri. Perlu diperhatikan, jangan gunakan deterjen yang mengandung pemutih. Sebab material aluminium sangat sensitif dengan pembersih yang mengandung pemutih.

6. Penggunaan Cairan Kimia

Penggunaan cairan kimia sebetulnya tidak dianjurkan untuk membersihkan kusen aluminium. Sebab dapat merusak kualitas aluminium. Jika menggunakan cairan pembersih kimia, sebaiknya coba tes di tempat yang tersembunyi terlebih dahulu.

Anda juga perlu hati-hati dalam penggunaannya jangan berlebih apalagi sampai mengenai tangan. Kimia juga bersifat abrasif untuk menggunakannya adalah pilihan terakhir ketika alternatif untuk membersihkan kusen jendela aluminium tidak bisa lagi.

Demikian ulasan terkait tips merawat kusen jendela aluminium. Kendati lebih awet dan kuat bukan berarti dibiarkan begitu saja. Anda bisa mencoba salah satu cara yang telah diulas di atas. Selamat mencoba ya, semoga kusen jendela aluminium semakin awet dan bersih.