pintu flush door pintu plywood honeycomb core

Pintu flush door hadir untuk menjawab kelemahan pintu kayu. Pintu flush door adalah pintu kayu dengan desain modern dan teknologi terkini. Dengan menggunakan pintu ini, kita tidak perlu takut lagi akan serangan rayap, pintu akan menebal dan menyusut sesuai perubahan cuaca, hingga pintu tidak boleh terkena air.

Semua peraturan ini disebabkan karena adanya kelemahan-kelemahan dari pintu kayu tersebut. Kini, pintu ini hadir, memberikan jawaban yang tepat untuk pintu kayu yang lebih tahan lama. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Perkembangan dan Sejarah Pintu Flush Door

Sebagian pengusaha baik di bidang makanan, pakaian, hingga jasa, menyadari ruangan kantor yang nyaman salah satunya adalah akibat penggunaan pintu yang tepat juga, apalagi untuk pintu interior.

Mereka menginginkan pintu yang awet, kokoh, dan tahan lama dengan pemasangan yang gampang, perawatan yang seminim mungkin, serta harga yang murah tentunya. Oleh sebab itu, dirancanglah pintu flush door ini. Berharap semua keinginan mengenai pintu interior tersebut dapat dikabulkan dengan baik.

Diperkenalkan pada awal tahun 1900-an, pintu ini hadir dengan kayu yang terdiri dari susunan kayu yang lunak. Bagian pinggir pintu diberi frame kayu yang solid yang bersifat lebih keras, lalu ditutup dengan plywood atau veneer.

Setelah itu pintu semakin berkembang dengan penggantian inti pintu dengan partikel board atau MDF. Pintu flush door ini lebih dapat diandalkan namun masih belum bagus kualitasnya untuk menahan kelembapan. Setelah itu, datanglah pintu flush door bertekanan tinggi. Hal ini merupakan jalan keluar untuk permukaan veneer kayu yang tipis.

Dengan pemberian laminasi, akan memberikan warna yang konsisten. Namun kekurangannya adalah laminasi mudah terkelupas seperti plastik. Sedangkan pintu flush door yang terbaru intinya lebih padat, bisa kedap suara dengan baik, ramah lingkungan, desain yang menarik. Dengan begitu, tidak membutuhkan biaya tambahan untuk memasang pintunya. Hal inilah yang selalu dicari-cari oleh para pengusaha di bidang manapun untuk membuat kantor nyaman dan minim biaya produksi.

Keuntungan Menggunakan Pintu Flush Door

Sudah diketahui sebelumnya kalau pintu flush door muncul karena adanya kelemahan pada pintu kayu, yaitu mudahnya memuai dan menyusut akibat perubahan cuaca, mudah diserang rayap, hingga tidak tahan dengan kelembapan. Coba kita bandingkan dengan teknologi terbaru yang ada pada pintu ini.

  • Stabil terhadap perubahan cuaca. Hal ini berarti meskipun cuaca panas, hujan, atau dingin pintu ini tetap pada bentuknya. Tidak memuai dan tidak menyusut.
  • Tahan terhadap rayap.
  • Tahan terhadap kelembapan (air).
  • Ramah terhadap lingkungan. Dengan kata lain non-toxic sebab dibuat dari kayu alam serta lem perekat yang digunakan tidak beracun.
  • Dapat dikombinasikan dengan material lainnya seperti kaca, plastik, metal, dan lain sebagainya.
  • Dapat diatur ukurannya. Jadi, jika memiliki lebar dan tinggi yang cukup besar, hal ini dapat disesuaikan.

jenis pintu kayu solid flush door engineering

Jenis-Jenis Pintu Flush Door

Jika ingin mengetahui jenis pintu ini lebih dalam, kita perlu mengetahui jenis-jenis pintu flush door ini.

Pintu Rangka Panel Honeycomb

Pintu ini disebut juga sebagai flush door honeycomb. Pintu ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian rangka pintu dan bagian penutup rangka pintu. Perlu diketahui sebagian produk pintu ini memiliki lapisan pengisi rongga, yang terletak antara rangka dan penutup. Namun sebagian membiarkannya kosong begitu saja.

Tujuan diberikan lapisan pengisi rongga sendiri adalah untuk sebagai peredam bunyi, menambah kekuatan pintu, dan sebagai isolator cuaca panas atau dingin. Benda-benda yang dapat dijadikan pengisi rongga pada pintu rangka panel honeycomb adalah foam atau stereofoam, glasswool, dan kertas honeycomb paper.

Jika Anda menyukai hunian Anda lebih hangat, lebih pribadi, maka menggunakan pintu rangka panel honeycomb adalah yang direkomendasikan. Cobalah!

Pintu Rangka Panel Penuh

Pintu rangka panel penuh disebut juga dengan full core door. Pintu ini merupakan pintu dengan sistem konstruksi bidang atau board. Dibentuk dari potongan kayu, kemudian potongan-potongan kayu ini dijadikan satu bidang.

Lalu, disusunlah potongan kayu sesuai dengan dimensi yang diinginkan. Setelahnya jadilah satu kesatuan padat pintu yang tidak berongga. Sehingga kayu yang timbul adalah keras. Pintu rangka panel penuh ini merupakan pintu yang bagus juga untuk diterapkan dalam hunian Anda.

Solid Engineering Door

Tipe pintu ini adalah tipe pintu yang popular dibandingkan pintu flush door lainnya. Solid engineering door memiliki kayu padat di dalamnya. Hal inilah yang membuat solid engineering door keras, kokoh, serta memiliki kayu yang dapat meredam suara. Jadi, ketahanan dan privasi dijaga dengan baik oleh solid engineering door.

Karena solid engineering door ini berat serta membutuhkan banyak material tambahan lainnya, oleh karena itu solid engineering door sesuai dengan pintu yang berada di luar ruangan.

Pintu Kayu Vs Pintu Flush

Pintu kayu dan pintu flush memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Pintu kayu sangat sesuai dengan rumah bergaya klasik. Terbuat dari kayu namun bukan kayu padat. Ada juga yang dibuat dari bahan polyboard. Ada juga yang merupakan pintu paling ringan, yaitu dari inti honeycomb.

Harganya yang lebih murah, kualitas pintu yang berbahan inti honeycomb kurang baik apalagi untuk ketahanan kedap suaranya. Selain itu, pintu kayu juga butuh pemeliharaan rutin agar tidak lapuk, yaitu sering divernis atau dicat. Dengan begitu, pintu akan tetap awet

Lalu, bagaimana dengan pintu flush? Pintu flush sendiri merupakan pintu yang sederhana. Permukaan pintu ini rata. Pintu ini terbuat dari fiberglass atau kayu. Dan lebih sesuai untuk pintu bagian dalam rumah. Kelebihan pintu flush door sendiri adalah mengenai harganya yang murah. Selain itu, permukaannya tidak tembus terhadap cahaya, ditambah lagi, tidak adanya dekorasi, pintu kelihatan tidak menarik. Tidak disarankan untuk menjadi pintu utama.

Demikianlah sedikit banyak mengenai pintu flush door ini. Semoga di kemudian hari, pintu flush ini memiliki lebih banyak perkembangan lagi. Jadinya banyak orang akan terbantu dengan pemasangan pintu yang mudah dan efisien, tahan lama, kokoh, hingga materialnya terbuat dari bahan yang aman.