custom pembuatan pintu engineering pabrik pintu kayu

Pintu Engineering adalah salah satu jenis pintu kayu. Pintu kayu sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu pintu kayu solid dan pintu kayu engineering. Kedua jenis pintu ini umum digunakan orang untuk membuat kesan klasik pada rumah. Pintu kayu solid adalah pintu yang terbuat dari kayu kemudian diproses menjadi pintu.

Di sisi lain pintu kayu engineering dibuat dari kayu yang sudah diolah, disusun, kemudian diberi lapisan veneer sehingga jadilah sebuah pintu. Berikut in detail penjelasan pintu kayu engineering membuat rumah Anda bergaya klasik nan modern.

Untuk Apa Pintu Engineering Dibuat?

Pintu ini ada untuk menutupi kekurangan pintu kayu solid sendiri. Pintu kayu engineering tidak mudah menyusut maupun memuai serta tahan terhadap serangan rayap. Selain itu, pintu ini terbuat dari limbah kayu. Sehingga limbah-limbah kayu dapat dipergunakan ulang kembali dan tidak dibuang begitu saja.

Dengan begini lingkungan akan makin bersih. Hal itu karena dapat memanfaatkan limbah kayu menjadi pintu yang lebih berguna.

Tahapan Membuat Pintu

Tahapan membuat pintu engineering dari kayu tergolong mudah. Apalagi pintu ini terbuat dari limbah kayu. Berikut ini Langkah demi langkahnya.

  • Sebelum diproses, kayu sebaiknya dioven terlebih dahulu untuk mengurangi kadar air hingga 12%.
  • Setelah kayu dirasa cukup kering, kayu pun dapat dibelah dan dipotong-potong sesuai ukuran yang kita inginkan.
  • Setelah selesai proses membelah kayu dan memotong-motongnya, saatnya untuk merekatkan tiap potongan kayu (joint laminating) sampai menjadi papan untuk isian pintu.
  • Setelah pintunya jadi dan sesuai dengan yang kita inginkan, waktunya untuk melapisi pintu dengan lapisan venee Tujuan pintu ini dilapisi dengan lapisan veneer adalah agar kayu lebih awet dan tahan lama.

Kelebihan yang Diberikan Pintu Engineering Dibandingkan Pintu Kayu Solid

Pintu engineering hadir untuk mengisi kekurangan yang ada pada pintu kayu solid. Jadi, kelebihannya adalah sebagai berikut.

  • Tahan terhadap penyusutan dan pemuaian. Hal ini disebabkan karena pintu ini terdiri dari lapisan kayu yang di lem bersama.
  • Lebih ramah terhadap lingkungan. Hal ini disebabkan karena bahan-bahan untuk membuat pintu ini berasal dari limbah kayu. Yang tentu saja tidak berbahaya dan bagus dimanfaatkan, daripada dibuang.
  • Desain pintu ini lebih menarik dan memiliki tampilan yang menarik. Hal ini disebabkan pintu engineering ini dilapisi oleh veneer yang membuat warna kayu semakin menarik dan elegan
  • Pintu engineering juga kedap suara dan tahan terhadap serangan rayap. Jadi, bagi Anda yang ingin memiliki privasi lebih, pintu ini sangat tepat untuk dicoba.
  • Finishingnya dapat menggunakan cat duco maupun melamine.
  • Perekat yang digunakan juga ramah lingkungan karena tidak beracun. Dengan demikian, aman untuk digunakan.
  • Dapat dikombinasikan dengan metal, plastik, kaca, dan lain sebagainya.
  • Pintu yang memiliki ukuran yang lebar dan tinggi, kini bukan masalah lagi apabila menggunakan pintu engineering.

Demikianlah kelebihan-kelebihan menggunakan pintu kayu engineering. Memiliki banyak kelebihan tentu sangat direkomendasikan bagi Anda yang suka gaya klasik dengan kayu yang modern.

Kelemahan Pintu Engineering

Selain kelebihan, tentu pintu ini juga memiliki kelemahan. Berikut ini kelemahannya.

  • Jika terpapar kelembapan, lapisan veneer akan mudah mengelupas. Oleh sebab itu, jika memutuskan untuk mengaplikasikan pintu ini pada rumah, ada baiknya untuk menjaganya dari paparan air.
  • Susunan kayu dapat retak dengan mudah apabila lem yang kita pakai untuk menyambungkan potongan-potongan kayu tidak berkualitas. Oleh sebab itu, pilihlah lem yang berkualitas untuk menyambungkan potongan-potongan kayu tersebut.
  • Kelemahan lain dari pintu ini adalah tidak bisa diserut melebihi 5milimeter ke kanan dan kiri.

Meskipun memiliki beberapa kelemahan, namun dengan mengetahui kelemahan-kelemahan tersebut kita dapat mencegahnya dengan baik. Selain itu, pintu engineering ini tampilannya lebih dari sekedar menarik dibandingkan dengan pintu kayu solid. Diproses secara modern, pintu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang hendak berniat membangun rumah. Pintu engineering akan menjadi salah satu bagian yang artistik di rumah.

jual pintu kayu engineering dan flush door untuk proyek

Macam-macam Pintu Kayu Engineering

Ada dua jenis pintu kayu engineering ini yaitu flush door atau disebut juga sebagai pintu rangka dan satunya lagi adalah full core door atau disebut juga sebagai pintu solid.

Pintu Flush Door

Pintu ini menggunakan sistem konstruksi rangka dan dapat dibagi menjadi dua bagian utama yaitu, bagian rangka frame pintu dan bagian penutup rangka. Pada saat pembangunannya, ada yang mengisi rongga antara rangka dan penutup, sebagian orang lainnya membiarkannya saja kosong begitu saja.

Tujuan mengisi rongga antara rangka dan penutup disebut sebagai memperkuat ketahanan pintu, sebagai peredam bunyi, hingga sebagai isolator panas saat cuaca panas di luar dan isolator udara dingin saat cuaca dingin di luar.

Jika memutuskan untuk mengisi rongga antara rangka dan penutup. Mengisi rongga tersebut dapat diisi dengan kertas, foam, maupun rockwool atau glasswool. Jadi, mengerti bukan sekarang mengenai pintu flush door?

Full Core Door

Pintu ini disebut juga pintu solid. Pintu full core door ini dibuat dari potongan kayu kemudian dijadikan menjadi satu bidang, lalu disusun sesuai dengan dimensi yang kita harapkan. Sehingga pintu setelah proses penyusunan menjadi satu kesatuan yang padat dan tidak berongga.

Demikianlah semua hal mengenai pintu engineering yang dapat membuat rumah Anda bergaya klasik nan modern. Mengapa tidak? Pintu kayu ini memang diproses secara modern dengan menggunakan limbah kayu yang ramah terhadap lingkungan, tidak mengandung racun dan alami sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengaplikasikannya pada rumah Anda. Apalagi, jika Anda memiliki anak-anak di rumah.

Penggunaan pintu engineering adalah alasan bagi kita semua untuk meninggalkan perawatan yang mahal untuk pintu kayu. Pintu ini menggantikan kelemahan-kelemahan pintu kayu, misalnya dimakan rayap, belum lagi menyusut dan melekungnya pada saat cuaca tidak terkendali.

Dengan begitu, Anda akan sangat terbantu menghemat rupiah demi rupiah untuk kebutuhan lain yang lebih diperlukan. Pintu kayu engineering ini memang sangat direkomendasikan bagi Anda pecinta natural nan klasik bergaya modern. Cek juga jenis kayu yang cocok untuk dijadikan pintu atau furniture.