model kusen pintu aluminium

Material aluminium mulai digunakan untuk hunian modern. Kendati harganya lebih tinggi, namun tetap dicari karena lebih tahan lama. Salah satu yang paling banyak dicari adalah kusen pintu aluminium.

Salah satu kekurangan pintu atau jendela berbahan aluminium adalah tidak banyak variasi model. Anda tidak bisa menambah ukiran seperti pada kusen kayu.

Rumah hunian dengan konsep minimalis lebih cenderung menggunakan pintu dengan material aluminium. Lebih terlihat menarik dan elegan. Salah satu jenis aluminium yang digunakan untuk bahan bangunan adalah alumunium alloy. Ini adalah campuran antara logam aluminium dengan bahan lainnya.

Beragam bahan bangunan atau piranti rumah bisa menggunakan aluminium alloy. Salah satunya adalah kusen pintu aluminium.

Kendati pilihan model tidak banyak, rumah minimalis Anda tetap bisa stylish kok. Berikut ini adalah model kusen pintu bahan aluminium yang bisa jadi inspirasi.

Model Kusen Pintu Aluminium Sederhana, namun Elegan

Ada beragam model dari kusen jenis ini. Apa saja ya? Yuk simak berikut ini informasinya.

1. Pintu Aluminium Full Kaca

Salah satu karakteristik hunian minimalis adalah tidak terlalu luas. Pemasangan pintu kaca bisa memberi kesan luas. Nah, Anda bisa memilih kusen berwarna hitam dua pintu dan dilengkapi dengan pintu full kaca. Ini sangat sesuai untuk hunian minimalis impian Anda.

Agar lebih terlihat elegan, silakan beri aksesori gorden dengan nuansa atau warna yang sesuai dengan selera. Warna hitam banyak digunakan karena netral dan cocok jika dipadukan dengan berbagai warna gorden atau tirai.

2. Kusen Pintu Lebar

Anda bisa memilih kusen pintu aluminium lebar. Lebih lebar dari ukuran pintu standar, namun lebih kecil daripada ukuran pintu dobel.

Anda juga bisa memilih kusen pintu dengan ornamen kotak-kotak dan memadukannya dengan kaca warna hitam dan transparan. Pastinya akan membuat tampilan rumah Anda jadi berbeda. Pastikan ketika memilih pintu sudah disesuaikan dengan pintu dan konsep desain rumah, tujuannya agar terlihat lebih menarik dan selaras.

3. Pintu Aluminium Ramping

Kusen pintu ramping juga bisa jadi pilihan. Untuk tampilan yang lebih cantik, Anda bisa menambahkan ornamen kaca ukir pada pintu. Sehingga tidak terlihat kaku atau monoton.

Anda bisa memilih warna cokelat untuk memberi kesan etnik dan sedikit sentuhan tradisional. Kesan elegan dan modern bisa tercipta daru pintu aluminium ramping kombinasi kaca ukir. Tertarik mencobanya?

4. Kusen Aluminium Model Bingkai

Selanjutnya bisa memilih kusen aluminium model bingkai. Seperti bingkai foto, kusen ini tidak hanya satu kaca besar. Akan tetapi, bisa dikreasikan dengan beberapa kotak. Perpaduannya tentu saja kaca bening atau buram. Bisa juga kombinasi keduanya.

Desain kusen bingkai tersebut bisa memberi kesan luas pada rumah. Sangat direkomendasikan untuk hunian bertema modern minimalis atau industrialis. Selain untuk rumah, kusen pintu dari aluminium desain bingkai ini juga cocok dipakai di kafe atau restoran.

5. Kusen Pintu Aluminium Kombinasi

Memang tidak banyak model yang bisa dipilih jika menggunakan material aluminium. Kendati demikian bukan berarti tidak bisa berkreasi.

Nah, pintu aluminium kombinasi ini bisa jadi pilihan lho. Anda bisa memadukan pintu aluminum dengan kaca transparan. Cahaya matahari tetap bisa masuk lewat kaca jendela dan penghuni rumah masih bisa beraktivitas tanpa khawatir terlihat dari luar.

Selain untuk rumah, kusen dan desain pintu kombinasi tersebut juga bisa dipakai di kantor modern. Silakan pilih mana yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Desain kombinasi itu sederhana dan unik hunian atau kantor dijamin berbeda dengan lainnya.

6. Kombinasi Kayu

Anda juga bisa mencoba menggabungkan material aluminium dan kayu. Menarik sepertinya. Kusen pintu menggunakan aluminium, di bagian pintu ada kombinasi kayu.

Kusen pintu dari aluminium kombinasi tersebut bisa digunakan untuk pintu utama atau pintu antar ruangan. Kombinasi aluminium dan layu selain unik juga memberi kesan hangat pada hunian.

7. Minimalis Pintu Kaca

Model minimalis juga bisa jadi pilihan. Kusen pintu ukuran standar dengan daun pintu full kaca. Minimalis akan tetapi memberi kesan kuat.

Ruangan yang kecil jadi terlihat lebih luas dengan pintu kaca. Jenis pintu minimalis ini bisa digunakan untuk pintu bagian dalam rumah.

Bukan hanya untuk hunian, pintu model minimalis ini cocok juga digunakan di perkantoran atau kafe sehingga orang bisa melihat suasana dari luar. Anda bisa menggunakan vertikal blinds untuk tirai, agar ada penyaring untuk sinar matahari yang masuk ke dalam.

8. Pintu Geser

Hunian dengan pintu geser, mengapa tidak? Anda bisa juga menggunakan kusen pintu aluminium jenis geser untuk hunian.

Pintu geser bisa digunakan untuk ruangan yang tidak terlalu luas, sehingga tidak memakan ruang ketika pintu dibuka. Selain untuk hunian, pintu geser juga bisa dipakai untuk kafe, perkantoran, atau toko kecil. Minimalis tetapi elegan dan menarik.

Tips Merawat Kusen Pintu Aluminium

Setelah mengetahui model kusen dan pintu aluminium, berikutnya adalah bagaimana cara merawatnya. Salah satu kelebihan material aluminium adalah tahan lama. Kendati demikian, Anda harus memperhatikan perawatannya. Tentu agar kualitasnya tetap terjaga.

Selain itu, membersihkan pintu dan jendela aluminium juga untuk menjaga kebersihan rumah dan menjaga kesehatan keluarga. Berikut ini tips yang bisa Anda praktikkan.

1. Segera Bersihkan Noda

Jika Anda melihat noda pada pintu atau jendela aluminium jangan buang waktu. Segera bersihkan sebelum noda menempel dan sulit dibersihkan. Anda bisa membersihkannya menggunakan kain lembap yang hangat agar noda lebih cepat hilang.

2. Bersihkan secara Berkala

Anda bisa membersihkan jendela atau pintu secara berkala. Misal satu atau dua pekan sekali. Debu busa dibersihkan menggunakan kemoceng atau lap kering.

3. Jangan Gunakan Zat Korosif

Untuk membersihkan jendela atau pintu aluminium, jangan gunakan pembersih yang mengandung zat korosif. Jika ada noda yang sulit dibersihkan menggunakan kain lembap hangat, Anda bisa memberikan sabun pencuci piring untuk menghilangkan noda.

4. Pertahankan Kondisi Asal

Sebaiknya jangan lakukan pengecatan atau penempelan apapun pada kusen pintu aluminium. Termasuk menempelkan stiker atau sejenisnya.

Pasalnya bekas tempelan tersebut akan sulit dibersihkan. Tentu Anda tidak ingin pintu Anda terlihat sedikit noda akibat bekas tempelan.

5. Hindari Benturan

Perlu diperhatikan, benturan keras bisa menyebabkan penyok atau kerusakan pada aluminium. Jadi hindari kusen pintu aluminium dari benturan, agar tidak penyok.

Bagaimana, tertarik untuk memasangnya di rumah?