harga grosir triplek murah

Dunia konstruksi tidak jauh-jauh dari benda bernama triplek. Ini merupakan papan kayu dengan ketebalan tertentu yang memiliki banyak fungsi. Bobot triplek ringan karena berupa lembaran tipis yang memungkinkan siapapun membawanya ke mana saja. Bahan bangunan ini bahkan bisa berguna untuk konstruksi rumah. Berikut ini informasi lengkapnya, mulai dari pengertian hingga ukuran.

Mengenal Bahan Bangunan Triplek

Masyarakat mengenal bahan bangunan ini dengan nama triplek. Namun bahan ini memiliki nama lain, yaitu plywood. Ini merupakan bahan konstruksi yang terbuat dari kayu berbentuk lapisan.

Dalam proses pembuatannya, bahan ini memerlukan peralatan khusus yang tersedia di pabrik. Kayu dengan bentuk lapis kemudian akan melewati proses perekatan antara lapisan satu dengan yang lain.

Proses perekatan tersebut akan menghasilkan papan kayu yang masyarakat kenal dengan istilah triplek. Papan kayu ini banyak peminatnya karena sifatnya yang fleksibel dan mudah dalam penggunaannya.

Proses pembuatan bahan konstruksi ini meliputi perekatan. Proses tersebut mengharuskan pembuat untuk menyamakan serat kayu, sehingga tercipta lembaran yang kuat. Selanjutnya, melakukan pengolesan lem ke lembaran demi lembaran. Tips untuk mendapatkan papan kayu yang kuat adalah dengan menyilangkan serat kayu dan ditumpuk dalam jumlah yang ganjil.

Alasan mengapa bahan konstruksi yang satu ini banyak penggunanya. Yaitu karena sifatnya yang mudah digunakan, tidak mudah retak, dan tidak mudah bengkok. Plywood ini memiliki beberapa jenis, kegunaan dan ukuran. Namun kegunaan yang paling umum adalah sebagai furniture dan konstruksi rumah.

Berapa Ukuran Triplek?

Ukuran papan kayu yang tersedia di pasaran berbeda-beda. Hal itu bisa dibedakan berdasarkan kebutuhan konsumen. Begitu juga dengan ketebalan produk ini yang bervariasi. Ketebalannya mulai dari 3 mm hingga 32 mm. Dengan ukuran dan ketebalan yang bervariasi ini, membuat konsumen mudah dalam memilih sesuai kebutuhan.

Meski memiliki ukuran dan ketebalan yang bervariasi, namun beberapa barang import memiliki ukuran yang berbeda. Untuk itu, pastikan kembali ketika anda membeli produk import. Hal ini untuk menghindari kesalahan ukuran dan berujung pada hal yang sia-sia.

Ukuran Triplek Standar

Untuk ukuran standar triplek di Indonesia yaitu 2400 mm x 112 mm. Bahkan ukuran ini bisa saja berbeda di negara lain. Misalkan saja untuk ukuran papan kayu standar Internasional adalah 1219 mm x 2438 mm. Namun ukuran tersebut telah paten dan hingga saat ini masih diterima oleh kalangan masyarakat.

Yang membedakan dalam pembelian bahan bangunan ini adalah dari ketebalan. Karena di pasar, ketebalan plywood ini bervariasi.

Ketebalan papan kayu ini tersedia dalam ukuran 3 mm hingga 32 mm. Ketebalan ini bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Semakin tebal papan, akan semakin kuat juga ketahanannya. Namun ini juga berdampak pada harga. Karena semakin tebal, tentu harganya semakin naik.

Harga papan kayu berbeda-beda, meskipun dengan ukuran dan ketebalan yang sama. Misalkan saja anda membeli di toko offline. Harga bisa berbeda dengan anda membelinya di toko online. Itu juga berlaku pada toko offline yang satu dengan yang lain. Faktor yang membuat harga papan kayu ini berbeda-beda adalah waktu. Bisa jadi harga sekarang, akan berbeda dengan harga satu bulan ke depan.

Ukuran Triplek Per Lembar

jual triplek murah material bangunan

Seperti yang telah tercantum di atas, ukuran triplek bisa dibedakan dari ketebalannya. Karena pada umumnya, papan kayu ini memiliki ukuran yang sama. yang membedakan hanyalah ketebalan. Ketebalan beragam, mulai dari 3 mm hingga 32 mm. Berikut rincian detail ukuran tiap lembarnya.

  • Papan dengan ketebalan 3 mm, memiliki ukuran 2440 mm X 1220 mm X 3 mm atau dalam ukuran inci yaitu 96 inci X 48 inci X 1/8 inci.
  • Papan dengan ketebalan 6 mm, memiliki ukuran 2440 mm X 122 mm X 6 mm atau dalam ukuran inci yaitu 96 inci X 48 inci X 1/4 inci.
  • Papan dengan ketebalan 9 mm, memiliki ukuran 2440 mm X 122 mm X 9 mm atau dalam ukuran inci yaitu 96 inci X 48 inci X 3/8 inci.
  • Papan dengan ketebalan 12 mm, memiliki ukuran 2440 mm X 122 mm X 12 mm atau dalam ukuran inci yaitu 96 inci X 48 inci X 1/2 inci.
  • Papan dengan ketebalan 15 mm, memiliki ukuran 2440 mm X 122 mm X 15 mm atau dalam ukuran inci yaitu 96 inci X 48 inci X 5/8 inci.
  • Papan dengan ketebalan 18 mm, memiliki ukuran 2440 mm X 122 mm X 18 mm atau dalam ukuran inci yaitu 96 inci X 48 inci X 3/4 inci.
  • Papan dengan ketebalan 25 mm, memiliki ukuran 2440 mm X 122 mm X 25 mm atau dalam ukuran inci yaitu 96 inci X 48 inci X 1 inci.
  • Papan dengan ketebalan 32 mm, memiliki ukuran 2440 mm X 122 mm X 32 mm atau dalam ukuran inci yaitu 96 inci X 48 inci X 1 – 1/4 inci.

Plywood ini terdiri dari beberapa lapisan dalam setiap ukurannya. Contohnya untuk ukuran 3 mm, maka terdapat 3 lapisan. Lapisan paling banyak yang disusun menjadi papan kayu ini adalah 9. Ukuran papan yang memiliki 9 lapisan adalah papan yang paling tebal. Hal ini akan berpengaruh pada harga.

Itulah penjelasan ringkas dan jelas tentang triplek. Jenis dan ukuran di atas semoga bisa menjadi acuan anda sebelum membelinya. Perhitungkan terlebih dahulu kebutuhan anda, baru selepasnya bisa membeli papan kayu ini.