Jenis Handle sebagai Aksesoris Pintu

Handle sebagai salah satu aksesoris pintu tidak hanya berfungsi sebagai pemanis saja. Lebih dari itu. Handle merupakan alat yang digunakan agar pintu bisa dioperasikan dengan baik. Selain bentuk yang beragam, ada pula handle pintu tertentu yang dibekali dengan beberapa fitur tambahan.

Kian hari, model handle semakin beragam. Tentu ini membuat bingung mereka yang akan membeli untuk pintu rumah hunian ataupun bangunan lainnya.

Jenis Handle untuk Aksesoris Pintu

Jika anda sedang berada di posisi ini, tidak perlu bingung. Beberapa informasi terkait handle sebagai aksesoris pintu ini akan memberi gambaran. Handle seperti apa yang paling sesuai untuk kebutuhan anda.

Model Lever on Backplate

Diantara berbagai model handle pintu, lever on backplate merupakan handle yang paling banyak dan paling mudah ditemukan di pasaran. Kenapa? Karena desainnya sangat sederhana dan mudah diaplikasikan pada pintu. Hanya tuas dengan piringan kunci pada bagian belakang handlenya.

Terdapat 2 jenis model Lever on backplate ini, yaitu model tanpa kunci dan dilengkapi dengan kunci. Desain yang ditawarkan juga bermacam-macam. Seperti desain tradisional, melengkung, persegi hingga klasik. Anda bisa memilih sesuai dengan desain ruangan pada hunian.

Model Lever on Rose

Model Lever on rose ini biasa digunakan pada pintu ruangan praktik di rumah sakit. Atau pintu lain yang tidak memerlukan kunci pada handlenya. Bentuknya hampir mirip dengan lever on blackplate. Hanya saja ada tambahan ornamen sebagai ciri khas. Biasanya berbentuk persegi atau bundar.

Selain digunakan sebagai pemanis dan aksesoris pintu, ornamen ini juga menutupi berbagai instalasi yang ada di belakangnya. Modelnya juga beragam. Mulai dari bentuk melengkung, berlapis kromium ataupun stainless steel.

Handle Pintu Berbentuk Huruf D

Bagi anda yang menggunakan pintu geser, bisa mencoba menggunakan handle pintu berbentuk huruf D. Modelnya beragam. Mulai dari bentuk klasik hingga bentuk yang lebih kekinian.

Selain tanpa dilengkapi dengan kunci, gagang pintu ini mudah untuk dipasang. Jika ingin menambahkan kunci pengaman, anda bisa menambahkan dalam bentuk kunci selot yang bisa dibeli secara terpisah.

Gagang Pintu Tarik Tanpa Ada Tuas

Bagi anda yang enggan menggunakan handle pintu bentuk huruf D untuk pintu geser, cobalah menggunakan gagang pintu tarik tanpa tuas ini. Fungsinya sama. Untuk menarik pintu geser. Hanya saja dibuat dengan desain yang lebih fresh dan kekinian.

Kelebihan gagang pintu ini adalah lebih mudah dioperasikan. Membuka tutup pintu lebih mudah tanpa ada hambatan. Cocok digunakan untuk pintu kamar bagi lansia ataupun ruang perawatan pasien pada rumah sakit.

Kenop Pintu Vintage

Bagi anda yang suka dengan semua hal yang berbau kuno atau vintage, tidak ada salahnya menggunakan kenop pintu kuno ini. Telah ada dan digunakan pada berbagai negara di dunia. Bentuknya yang otentik membuat desainnya terlihat long time dan tak lekang oleh waktu.

Cara pengoperasiannya juga mudah. Cukup putar kenop. Maka pintu itu bisa langsung terbuka. Motifnya juga beragam. Mulai desain modern kekinian, tradisional dan antik. Anda bisa memilih sesuai dengan selera dan tema hunian pada rumah.

Model Almari Tangkup

Sekilas model handle dan aksesoris pintu ini sangat sederhana. Hanya berbentuk tangkup seperti bentuk full flush handle. Model ini paling banyak digunakan untuk almari dapur.

Sekilas memang terlihat sangat sederhana. Namun nyatanya masih banyak juga yang menggunakannya untuk handle pintu. Bentuknya dan warnanya juga beragam. Anda bisa memilih sendiri sesuai dengan kebutuhan dan selera pada hunian.

Model Almari Tarik

Bentuknya panjang tanpa disertai kunci. Mirip seperti gagang pintu almari. Modelnya terlihat berkelas dengan lapisan mengkilap pada permukaannya. Meski masih belum banyak yang menggunakan, nyatanya handle pintu model Almari tarik ini bisa dijadikan alternatif untuk aksesoris pintu rumah hunian minimalis.

jenis aksesoris pintu gagang pintu handle kusen kaca

Tips Mencari Handle Aksesoris Pintu

Handle bagi pintu rumah sangat penting. Karena selain digunakan sebagai aksesoris pintu, handle juga digunakan untuk keamanan. Agar pintu mampu menjadi privasi pemiliknya. Agar tidak salah pilih, berikut beberapa cara memilih handle pintu.

Memenuhi Standar Keamanan

Perlu diketahui bahwa fungsi utama handle pintu adalah menjaga akses keluar masuk ruangan. Agar penghuni merasa aman dan bisa sekaligus mengamankan asset yang ada di dalamnya.

Pastikan anda membeli handle pintu yang mampu mengunci dengan baik. Jangan hanya karena tertarik dengan nilai estetika yang ditawarkan, anda membeli handle pintu yang hanya terlihat indah saja. Tanpa mampu melindungi ruangan dari jamahan orang-orang yang tidak berkepentingan untuk masuk.

Belilah handle pintu yang memiliki material berkualitas baik. Sehingga lebih kuat serta awet, dan mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Karena kuat dan kokoh lebih penting daripada nilai estetikanya.

Memiliki Model Sesuai Selera

Setelah memastikan bisa berfungsi dengan baik, tidak ada salahnya membeli handle pintu sesuai dengan selera atau tema arsitektur rumah anda. Jika rumah anda didesain dengan tema minimalis, belilah handle pintu yang minimalis juga. Agar terlihat lebih indah.

Mungkin anda termasuk orang yang lebih selera dengan model vintage. Tidak masalah. Selama memang relate dengan tema ruangan, model vintage juga bisa jadi aksesoris yang indah untuk ruangan.

Bahan

Perlu diketahui bahwa handle pintu merupakan bagian yang langsung bersentuhan dengan tangan. Tidak terhitung berapa kali sehari tangan harus menyentuh handle demi bisa membuka pintu. Demi keamanan keluarga, pilihlah bahan handle yang ramah kulit.

Jangan membeli handle dengan bahan yang bisa menyebabkan kulit alergi. Meski memiliki material yang kuat, tapi kalau membuat kulit menjadi alergi justru tidak disarankan. Lebih baik pilih bahan seperti stainless steel. Selain kuat, juga tidak menyebabkan alergi pada kulit.

Itulah berbagai jenis handle yang bisa dijadikan aksesoris. Menemukan handle yang tepat memang tidak mudah, tetapi dengan berkonsultasi dengan jasa yang hebat, masalah aksesoris pintu bisa teratasi.