plywood adalah, jenis plywood, harga plywood

Mungkin ada sebagian pembaca yang berencana ingin membangun, merenovasi, atau sekadar mendekor interior. Salah satu bahan yang Anda butuhkan sudah pasti plywood atau kayu lapis. Dalam proyek konstruksi bangunan, kayu lapis memegang peranan penting karena kegunaan plywood banyak sekali. Namun berapa ya kira-kira harga plywood saat ini? Kira-kira sesuai dengan budget atau tidak?

Kisaran Harga Plywood Terbaru

Mengingat tingginya harga kayu solid, wajar jika sebagian besar orang beralih ke plywood karena harganya lebih terjangkau. Dengan biaya yang lebih ekonomis, tampilan dan mutu kayu lapis nyaris mengimbangi kayu solid. Apalagi kini plywood semakin banyak pilihan jenis dan ketebalan. Jadi bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Tidak ada acuan baku perihal harga plywood. Hitungan harga per lembarnya tergantung dari jenis, merek, ketebalan, hingga tempat/kota plywood tersebut dijual. Namun kita bisa mendapat sedikit gambaran melalui kisaran harga rata-rata kayu lapis di pasaran. Berikut rincian harganya:

  • Plywood terbuat dari bermacam jenis kayu dan memiliki tingkatan ketebalan dari 3 mm hingga 18 mm. Untuk harga plywood yang paling tipis berkisar antara 60-70 ribuan.
  • Plywood dengan ketebalan 4mm berkisar 70-90 ribuan.
  • Plywood dengan ketebalan 6 mm berkisar 105-115 ribuan.
  • Plywood dengan ketabalan 9 mm berkisar 180-200 ribuan.
  • Plywood dengan ketebalan 12 mm berkisar di angka 250-300 ribu
  • Plywood dengan ketebalan 15 mm berkisar di angka 270- 350 ribu
  • Plywood dengan ketabalan 18 mm berkisar 300-400 ribu.

Ketebalan plywood tak selamanya jadi tolok ukur kualitas dari plywood itu sendiri. Semakin tebal plywood memang kesannya semakin kokoh, namun kaku dan berat. Sedangkan plywood yang tipis justru lentur, ringan, dan mudah dibentuk.

Misalnya saja plywood yang terbuat dari kayu Albasia yang banyak terdapat di Jawa Barat. Plywood jenis ini tergolong soft dan lentur daripada plywood yang lapisannya berasal dari kayu sengon atau angsana. Dari segi harga, soft plywood dari kayu Albasia ini paling murah dibanding plywood dari kayu meranti yang lebih tebal dan keras.

Keunggulan Plywood

Di samping alasan harga plywood yang tergolong ekonomis, banyak juga alasan lain yang membuat orang mantap memilih plywood sebagai salah satu material penting dalam proyek konstruksi atau dekorasi. Adapun hal tersebut berkaitan dengan sejumlah keunggulan yang plywood miliki.

Penasaran apa saja kelebihan plywood atau kayu lapis ini? Berikut penjabarannya:

Kuat dan Tahan Lama

Dalam memilih sesuatu semua orang pasti menginginkan mutu yang kuat dan tahan lama. Tak terkecuali memilih plywood sebagai material bangunan. Kekuatan plywood tak terbantahkan. Terlebih plywood dengan grade tertinggi.

Untuk pemakaian yang sewajarnya dan perawatan berkala, masa pakai plywood bisa sampai puluhan tahun. Tak heran jika zaman sekarang banyak proyek pembangunan rumah yang mengandalkan plywood sebagai salah satu material utamanya.

Ringan dan Pengaplikasian Mudah

Plywood cenderung ringan ketimbang kayu solid 100%, sehingga tidak membebani bagian lain dari bangunan. Semisal, plafon yang terbuat dari semen sudah pasti berat. Plafon tersebut akan menekan rangka penopang dalam waktu yang lama. Jika pondasi tidak kokoh, maka plafon bisa ambruk atau terjadi keretakan di dinding rumah.

Pengalaman seperti itu kecil kemungkinan kita jumpai pada plafon yang terbuat dari plywood. Karena bobotnya ringan, pengaplikasiannya untuk berbagai macam kebutuhan jadi lebih mudah.

Mudah Dibentuk

Pada ketebalan tertentu, plywood memiliki sifat lentur yang sangat baik. Tidak mudah patah dan retak karena grooving manual maupun mesin. Memungkinkan kita untuk membentuknya menjadi apa saja bahkan dengan ukuran berdiameter kecil sekalipun.

Itu mengapa pemanfaatan plywood bukan sekadar untuk proyek-proyek besar seperti pembangunan rumah/gedung, tapi juga kerajinan tangan.

jual pintu plywood untuk hotel apartemen kantor

Banyak Pilihan

Menyikapi tingginya kebutuhan konsumen terhadap plywood, maka produsen terus berinovasi menghadirkan ragam pilihan plywood. Mulai dari variasi ukuran, ketebalan, hingga jenis kayu yang digunakan.

Banyaknya pilihan plywood memudahkan kita untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan. Contoh, plywood untuk flooring tentu berbeda dengan plywood untuk pembuatan sekat ruangan.

Memiliki Densitas yang Bagus

Plywood mampu menahan sekrup dan paku lebih baik daripada material lainnya. Tekanan tak menjadikannya pecah maupun retak dalam sebentar.

Telah Dilaminasi

Berkat sentuhan teknologi modern, kini kita bisa memilih plywood berlaminasi HPL, veener, UV, dan resin. Adapun laminasi pada lapisan teratas tersebut berguna untuk melindungi plywood dari rembesan air yang menyebabkannya mudah lapuk, sinar matahari yang dapat meningkatkan risiko pengelupasan, serta memberi efek kilap pada permukaannya.

Kelemahan Plywood

Terlepas dari harga plywood yang murah serta segenap keunggulan yang dimilikinya, material ini tetap tidak luput dari kelemahan. Bak peribahasa tak ada gading yang tak retak, berikut bukti kelemahan plywood:

Kurang Cocok untuk Aplikasi di Luar Ruangan

Plywood terbuat dari gabungan beberapa lapisan kayu yang direkatkan jadi satu dengan teknik dan alat perekat khusus hingga membentuk lembaran-lembaran. Walau plywood semakin memadai dengan adanya laminasi HPL,resin, veneer, dan resin, namun tetap pengaplikasian kayu lapis di luar ruangan memperbesar risiko kerusakan lebih cepat. Gejala awal kerusakan biasanya dapat kita tandai dari adanya lekang pada tiap lapisan hingga lama-lama akan terlepas seluruhnya.

Perubahan suhu yang ekstrem juga mengakibatkan terjadinya pelapukan dini pada kayu lapis yang terpasang di luar ruangan. Karena itu, usahakan untuk mengaplikasikannya di dalam ruangan saja.

Permukaan Bergelombang

Keburukan ini tidak selalu terjadi, tapi beberapa jenis plywood memang ada yang permukaannya bergelombang. Umumnya ini terdapat pada produk kayu lapis dengan harga di bawah pasaran. Jadi memang low quality atau bahkan tidak lulus quality control. Jadi kalau tujuannya mengutamakan kualitas, sebaiknya tidak memilih harga plywood yang paling murah.

Kemampuan Meredam Suara Lemah

Dinding yang terbuat dari plywood sulit meredam suara/kebisingan di sekitar ketimbang dinding yang terbuat dari bata dan semen. Begitu pula bila kita terapkan sebagai lantai. Suara tapak sepatu atau roda akan sangat jelas terdengar.

Seperti itulah kisaran harga plywood terkini yang barangkali bisa Anda jadikan gambaran sebelum membeli. Pastikan memilih jenis plywood yang tepat untuk kebutuhan Anda demi mendapatkan kualitas terbaik dan jaminan pakai tahan lama.