Cat Water Based dan Tips Memilih Cat Terbaik untuk Furnitur

Cat water based merupakan salah satu perangkat penting untuk urusan finishing bangunan, dekorasi, properti, furnitur, dan yang lainnya. Tak heran, Anda akan mendapati berbagai pilihan merek dengan spesifikasi yang beragam. Tugas Anda adalah memilih yang paling cocok dengan kebutuhan, serta memiliki harga yang kompetitif.

Sebelum memilih cat water based merek tertentu, mari memulai dengan mengenal cat jenis ini. Jadinya bisa lebih mudah menerapkan beberapa tips penting agar bisa memilih yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan. Cara ini akan memudahkan Anda dalam menetapkan anggaran yang paling sesuai sehingga proses finishing properti lebih efektif dan efisien.

Apa Itu Cat Water Based dan Apa Fungsinya?

Cat water based merupakan jenis pelapis yang bahan pelarutnya berbasis air. Ketimbang cat solvent based yang menggunakan pelarut berbahan dasar minyak, cat yang menggunakan pelarut air memiliki banyak keunggulan. Salah satunya ialah lebih aman serta ramah lingkungan. Harga cat berbasis air juga relatif lebih murah sehingga mendukung agenda efisiensi.

Fungsi cat ini pada dasarnya hampir sama dengan cat solvent based. Dia berperan penting dalam proses finishing, termasuk untuk pewarna dan pelindung. Jadi hasil kerja properti dan furnitur lebih estetik dan tahan lama. Dengan cara penggunaan yang tepat, produk kayu akan lebih tahan lama dan anti rayap.

Kelebihan dan Kekurangannya

Meskipun belum sepopuler cat solvent based, cat berbasis pelarut air memiliki sejumlah kelebihan yang layak mendapat pertimbangan. Dari segi pilihan warna, cat jenis ini tidak kalah dengan cat berbasis minyak. Cat juga cukup aman dan ramah lingkungan, sehingga sangat bisa menerapkannya pada furnitur dan aneka dekorasi lainnya.

Meski begitu, tingkat kilau cat ini masih kalah jika bandingannya dengan cat solvent based. Setelah terpakai, cat berbasis pelarut air juga tidak lebih cepat kering daripada cat berbasis pelarut minyak. Ketersediaan cat jenis ini di Indonesia juga masih tergolong sedikit, karena cat lebih populer untuk pasar ekspor.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, Anda tetap bisa menggunakan cat water based demi alasan keamanan dan mendukung kelestarian lingkungan. Selebihnya, kualitas dan harga cat tidak kalah saing dengan cat jenis lainnya.

Tips Memilih Cat Water Based yang Bagus

Ada beberapa hal yang mesti Anda pertimbangkan ketika ingin memilih dan membeli cat water based merek tertentu. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar mendapatkan produk cat yang berkualitas.

Pilih Produk yang Sudah Lolos Sertifikasi

Cat water based harus terjamin originalitasnya, sehingga penting untuk mengecek kredibilitas supplier. Yang terpenting, Anda harus memastikan brand sudah bersertifikat sehingga kualitas dan keamanannya terjamin.

Riset Harga di Marketplace

Pertimbangan harga tak boleh terlewat. Meski Anda tidak harus berfokus pada harga murah dan mengabaikan kualitas, atau memilih cat yang harganya tinggi agar yakin dengan kualitasnya.

Dengan riset di berbagai marketplace, Anda bisa bijak memilih harga yang paling cocok dengan anggaran yang tersedia. Tidak hanya itu, juga tetap bisa riset perihal spesifikasi produk untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Minta Rekomendasi ke Jasa Desainer Interior

Pengerjaan finishing dekorasi dan properti akan lebih hemat dan efektif ketika Anda menjalin kerja sama dengan desainer interior. Anda bisa berkonsultasi tentang apapun, dari mulai pemilihan dan pemasangan pintu dan jendela, pemilihan bahan dan produk untuk furnitur di berbagai ruangan. Bahkan sampai dengan urusan tata letak yang proporsional dan estetik.

Anda bahkan bisa bertanya dan meminta rekomendasi untuk memilih brand cat water based yang tepat. Lalu untuk menaksir jumlah catnya agar cukup diaplikasikan pada berbagai furnitur. Mitra bisnis yang bagus seharusnya bisa mendorong efisiensi anggaran proyek, serta tidak mengabaikan kualitas produk dan properti lainnya.

Pada akhirnya, memilih jenis cat, termasuk apakah Anda harus menggunakan cat water based atau cat solvent based, seharusnya dengan pertimbangan yang bijak. Dengan begitu, proyek pembangunan maupun renovasi akan berlangsung secara efektif, serta dengan anggaran yang tetap terjaga efisien.