Cat Solvent Based dan Penggunaannya untuk Furnitur

Penggunaan cat solvent based sudah sangat lazim untuk melindungi furnitur dari karat dan pelapukan, terutama untuk perangkat berbahan dasar besi dan baja. Saking pentingnya, cat jenis ini hampir selalu digunakan dalam tahap akhir untuk bangunan baru maupun renovasi rumah. Wawasan mengenai cat jenis ini harus diupayakan lengkap, agar Anda bisa memilih dan menggunakannya dengan benar.

Apa Itu Cat Solvent Based?

Ini merupakan produk cat berbahan dasar minyak dan pelarut tertentu yang berfungsi melindungi bahan-bahan bangunan dan furnitur yang mudah berkarat dari korosi dan karat. Pelapisan dengan cat solvent based akan membuat masa penggunaan barang dan bangunan lebih awet. Syaratnya, Anda harus selektif memilih cat yang berkualitas tinggi, serta mengaplikasikan cat sesuai petunjuk.

Pengerjaan pembangunan dan renovasi aset properti secara mandiri, maupun ketika bekerja sama dengan perusahaan jasa desain interior tertentu, harus mempertimbangkan pengadaan bahan bangunan berkualitas tinggi, termasuk selektif memilih cat solvent based. Di sisi lain, pengaturan budget juga harus bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Jenis-jenis Cat Solvent Based

Wawasan yang lengkap tentang cat jenis ini akan menggiring Anda untuk mengetahui jenis-jenisnya berdasarkan komponen larutan yang membentuknya. Mari simak berbagai pilihan produk cat berbasis pelarut yang beredar di pasaran, sehingga Anda bisa memilih produk cat yang paling sesuai dengan kebutuhan:

Melamine

Ini merupakan jenis cat solvent based yang tingkat kekerasannya cukup tinggi sehingga mampu melindungi obyek dan furnitur dari goresan. Efek kilap yang dihasilkan cat ini juga sangat maksimal, karena terdiri dari campuran larutan resin amino alkyd dan acid. Penggunaan cat harus diiringi dengan wawasan lingkungan yang memadai karena mengandung formaldehyde yang berbahaya bagi lingkungan.

NC

Penggunaan Nitrocellulose atau NC menghasilkan tampilan yang jernih dan tampak alami, serta catnya cepat kering karena penguapan thinner tidak diiringi oleh reaksi kimia. Dibandingkan dengan melamine, penggunaan cat ini tidak terlalu efektif dalam jangka panjang karena bisa membuat obyek menguning dan mudah tergores.

Melamine

Ini merupakan Cat Synthetic Alkyd yang terbuat dari komponen larutan resin long oil alkyd. Setelah diaplikasikan pada obyek tertentu, cat tidak cepat mengering. Tapi Anda bisa menggunakannya untuk mendukung ketahanan furnitur dari segi tampilan dan kekuatan. Meski begitu, kilap dan warnanya bisa terdegradasi seiring waktu.

PU

Cat solvent based ini termasuk kategori premium dan harganya mahal karena kemampuannya dalam melindungi obyek dan furnitur. Ia tersusun atas dua komponen yaitu cat dan hardener. Cat mampu melapisi permukaan obyek dengan baik, fleksibel dan tidak mudah retak, serta memiliki sifat anti gores. Cat juga bisa melindungi furnitur kayu dari paparan sinar matahari.

Finishing Kayu Dengan Cat Melamin, Kelebihan dan Kekurangan

Tips Penggunaan Cat Solvent Based untuk Furnitur

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa menggunakan cat berbasis larutan dan minyak ini dengan benar dan maksimal:

  • Pastikan obyek dan furnitur yang akan dicat bersih dan sudah diamplas. Hal ini guna memastikan cat bisa terlapisi secara merata dan optimal tanpa terhalang debu dan kotoran lainnya yang menempel. Pembersihan obyek juga untuk memastikan tampilan yang mulus dan mengkilap.
  • Sesuaikan jenis cat solvent berdasarkan kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak professional atau desainer interior untuk memilih jenis cat yang paling tepat berdasarkan fungsi dan harganya.
  • Perhatikan aspek keamanan cat. Jenis cat tertentu tidak ramah lingkungan, sedangkan cat lainnya mungkin berbahaya jika dimainkan oleh anak-anak. Pastikan pula Anda menggunakan sarung tangan dan masker ketika sedang mengaplikasikan cat ini pada produk furnitur tertentu.
  • Pengaplikasian cat solvent bisa dilakukan di atas cat water based, tapi ini tidak berlaku sebaliknya. Maksudnya, Anda harus terlebih dahulu membersihkan atau menghilangkan lapisan cat solvent ketika ingin menerapkan cat water based di obyek tertentu, untuk mendapatkan hasil lapisan yang maksimal dan menyeluruh.

Demikianlah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui seputar cat solvent based dan tips penggunaannya agar aman dan maksimal. Jangan ragu untuk menggunakan jasa desainer interior dan pengrajin terampil untuk membuat pintu, jendela dan furnitur lainnya, agar hasilnya berkualitas dan tetap ekonomis.